Sukses

Mudah Berkeringat

20 Oct 2014, 10:31 WIB
Pria, 16 tahun.
Maaf sebelumnya Ibu/Bapak dokter? saya punya kebiasaan buruk seperti sering onani... dulu saya hampir setiap hari melakukan kebiasaan buruk ini... namun saya mulai merasakan ada yang tidak beres seperti contohnya seluruh tubuh saya berkeringat kuyup karena debar jantung saya begitu cepat ini terjadi dimanapun saya berada walaupun hawa ditempat itu normal dan tidak panas... contohnya seperti sekarang saya sedang diwarnet saja keringat baju saya sudah basah kuyup... dan akibat onani itu juga punggung,lutut,selangkangan saya mudah pegal dan punggung saya sulit untuk tegak... tangan saya juga mudah kesemutan begitu pula kaki saya... dan saat ini ti pinggang saya muncul seperti darah kotor yang berbentuk seperti urat berwarna merah lalu menjadi hitam dan ini semakin menyebar ketubuh saya... Dada saya pun sering sesak dan sakit... Jadi penyakit apakah yang saya alami dan apakah bisa disembuhkan dan bagi saya yang paling penting adalah menghilangkan keringat yang selalu kuyup ini... sekali lagi maaf pertanyaan saya sangat panjang!
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kondisi keringat berlebih disebut dengan hiperhidrosis.Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga.

Keluhan Anda tersebut juga dapat disebabkan banyak kemungkinan, seperti masalah saraf, hormonal dan psikis. Mengenai masalah hormon yang paling sering terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid misalnya pada hipertiroid. Sedangkan pada masalah saraf, dapat terjadi stimulus dari saraf simpatis. Mengenai psikis terjadi karena faktor psikologis (stress). Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke Dokter Penyakit Dalam untuk evaluasi menyeluruh dan lebih lanjut untuk penanganan yang tepat.

Hiperhidrosis sendiri terbagi atas 3 yaitu : 

  1.  Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.

  2.  Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih. 

  3.  Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar