Sukses

Berat Badan Anak

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 1 tahun.
Salam, Dokter, anak saya laki-laki (9m) memiliki berat badan 7.1kg, tinggi 71 cm. 6 bulan pertama saya beri ASI ekslusif, namun sekarang diselingi dengan sufor. hingga saat ini saya mengolah MPASI sendiri (tidak instan). makanan yang saya berikan masih bubur saring (tekstur cenderung lembut). nafsu makan anak saya baik, makan 3 kali sehari. setiap kali makan kurang lebih 3-4 sendok makan muncung selalu habis. makanan yg saya berikan berupa bubur beras putih, beras merah, kacang-kacangan (kacang merah, kacang hijau), sayur-sayuran, hati ayam dan daging sapi (masing2 baru 1 kali), kuning telur. saya pernah beri ikan laut, tapi ada reaksi alergi sehingga belum saya berikan lagi ikan-ikan-an. sejauh ini perkembangan anak saya masih aktif merangkak, dan sudah dapat berjalan sambil dibantu. sejak usia 6m kenaikan berat badan anak saya tidak banyak dok. malahan bisa dibilang tidak naik sejak usia 7m. tulang punggungnya menonjol. yang menjadi pertanyaan apakah perkembangan anak saya normal, dok? mohon sarannya untuk meningkatkan berat badannya. terima kasih atas perhatian dan tanggapannya. Salam, anggi
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Berat badan normal pada usia 9 bulan untuk anak laki-laki 8,9 kg, dengan rentang normal 7,9-10 kg.  Cara menaikkan berat badan adalah dengan memberikan porsi yang lebih banyak atau meningkatkan frekuensi makan Anak anda . Berikanlah makan-makanan yang bergizi. Berikan pula makanan yang ia sukai.Berikan makanan yang diselingi snack seperti biskuit bayi atau buah setiap 2 jam sekali. Bila ternyata berat badan tidak naik 2 bulan berturut-turut, sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter anak.

Contoh jadwal makan anak berusia 9 bulan dapat Anda lihat melalui artikel 'Jadwal Makan Bayi' yang terdapat di dalam Rubrik Tumbuh Kembang Anak kami.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar