Sukses

Hernia

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 23 tahun.
maaf dok, kakak saya, wanita divonis dokter hernia. Terdapat benjolan yang menonjol dibagian kaan atas kemaluan. Benjolan tersebut kadang muncul dan kadang hilang. Terkadang terasa agak sakit atau nyeri. Apakah betul itu hernia dok? bukan kanker? Dan jika memang benar hernia, apakah harus operasi? adakah obat oral yang dapat menyembuhkan hernia? Terima kasih sebelumnya. Mohon penjelasan jawabannya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Hernia, merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Tujuh puluh lima persen dari seluruh hernia abdominal terjadi di inguinal (lipat paha). Yang lainnya dapat terjadi di umbilikus (pusar) atau daerah perut lainnya.Hernia bisa terjadi pada beberapa tempat, antara lain lipat paha, buah zakar, pusar hingga otak.

Keluhan yang dirasakan dapat dari yang ringan hingga yang berat. Keluhan hernia umumnya adalah terdapatnya benjolan (bisa di selangkangan, kantong kemaluan, pusar) yang hilang timbul dan umumnya terjadi pada saat mengangkat benda berat, batuk, dan mengedan (peningkatan tekanan intraabdominal atau tekanan pada perut).

Karena pada dasarnya hernia merupakan isi rongga perut yang keluar melalui suatu celah di dinding perut, keluhan berat yang timbul disebabkan karena terjepitnya isi perut tersebut pada celah yang dilaluinya (yang dikenla sebagai strangulasi). Jika masih ringan, penonjolan yang ada dapat hilang timbul. Benjolan yang ada tidak dirasakan nyeri atau hanya sedikit nyeri dan timbul jika kita mengedan, batuk, atau mengangkat beban berat. Biasanya tonjolan dapat hilang jika kita beristirahat.

Pertanyaan Anda mengenai Hernia, dapatkah tanpa operasi? Menurut pendapat Kami, tidak ada jalan lain selain operasi karena penyebab hernia adalah kelemahan orificium hernia lateralis atau medialis sehingga ada bagian usus yang masuk ke lubang tersebut sehingga jalan satu-satunya adalah menutup lubang tersebut dengan cara menjahitnya agar usus tidak dapat keluar lagi.Cara konservatif dapat dilakukan dengan menggunakan korset untuk hernia yang bertujuan menekan lubang yang lemah tersebut agar usus tidak keluar tapi sifatnya hanya sementara.Saran Kami sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Bedah untuk menentukan penanganan yang tepat bagi kakak anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar