Sukses

Sariawan

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 24 tahun.
Selama setahun belakangan, saya tidak pernah berhenti sariawan. Maksimal 7 sariawan, minimal 1. Kadang disertai demam, sakit kepala, nyeri tenggorokan, dan nyeri di dalam telinga. Kadang sariawan tsb menjadi sangat agresif (bengkak di sekitarnya, tubuh melemah), kadang tidak. Saya telah menjaga kebersihan mulut dengan baik, dan menjauhi makanan yang membuat saya alergi. Apakah sariawan-sariawan saya ini harus ditangani dengan serius?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Stomatitis Aphtous Reccurent atau yang di kalangan awam disebut sariawan adalah luka yang terbatas pada jaringan lunak rongga mulut.SAR sebetulnya dapat sembuh sendiri, karena sifat dari kondisi ini adalah ­self-limiting.

Obat-obatan untuk mengatasi SAR diberikan sesuai dengan tingkat keparahan lesi.

Untuk kasus ringan, jenisnya bisa berupa obat salep yang berfungsi sebagai topical coating agent yang melindungi lesi dari gesekan dalam rongga mulut saat berfungsi dan melindungi agar tidak berkontak langsung dengan makanan yang asam atau pedas. Selain itu ada juga salep yang berisi anestesi topikal untuk mengurangi rasa perih. Obat topikal adalah obat yang diberikan langsung pada daerah yang terkena (bersifat lokal).

Pada kasus yang sedang hingga berat, dapat diberikan salep yang mengandung topikal steroid. Dan pada penderita yang tidak berespon terhadap obat-obatan topikal dapat diberikan obat-obatan sistemik.

Anda dapat membaca informasi lebih lanjut mengenai sariawan dalam artikel yang telah kami sediakan : Sariawan

ada baiknya bila ditangani oleh dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg. Sp.PM)

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar