Sukses

Sulit BAB

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 27 tahun.
10 hari yang lalu saya melakukan operasi usus buntu,,,,setelah tiga hari operasi saya kembali menjalankan ibadah puasa. seminggu pasca operasi saya mengalami kesulitan saat buang air besar sampai sekarang. waktu buang air terasa sakit bahkan fesesnya bercampur darah. ketika batuk atau bersin terasa sakit dibekas jahitan saya. tindakan apakah yang bisa dilakukan supaya waktu bab tidak terasa sulit dan sakit. terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Untuk sementara hindari makan makanan yang merangsang seperti pedas , asam , bergas .Sebagian besar kasus konstipasi dapat diatasi dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti :

  • Konsumsi makanan berserat tinggi setiap hari.

  • Tingkatkan asupan cairan ke dalam tubuh minimal 8 gelas sehari (2 gelas saat bangun pagi, 4 gelas sepanjang hari, 2 gelas saat akan tidur). Konsumsi makanan yang kaya akan serat harus diimbangi dengan minum cairan dalam jumlah banyak. Peningkatan asupan cairan ke dalam tubuh tanpa diikuti oleh peningkatan asupan serat tidak akan memberikan pengaruh yang bermakna dalam mengatasi konstipasi.

  • Olahraga secara teratur

  • Jangan menunda keinginan untuk BAB.

 

Mengenai apakah keluhan BAB berdarah dan nyeri pada bekas jahitan yang anda alami sebaiknya anda periksakan dengan dokter yang menangani anda secara langsung.

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar