Sukses

Letak Sungsang

18 Oct 2014, 04:59 WIB
Pria, 32 tahun.
Mau tanya dan minta solusi dok. Istri saya persalinan pertama cesar dengan alasan ketuban pecah tp pinggu tdk sempit, dan hamil yang kedua ini usianya udah 34-36 minggu tapi kepala dedek masih di atas, bidan mmenyarankan nungging sudah dilaksanakan kurang lebih 2 bln tp tetap aja belum ada perubahan, apa ada solusi atau kiat2 agar janin pada posisinya dan persalinannya normal alias tidak cesar lagi dok?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Saran yang diberikan oleh bidan Ibu memang benar.  Ibu dapat membantu mengubah posisi janin dengan cara menungging seperti waktu sujud, atau disebut juga knee-chest position (lutut menempel pada dada). Dengan cara ini diharapkan bokong janin akan lepas atau menjauhi pintu panggul atas sehingga janin dapat berputar dengan mudah. Posisi knee-chest ini sebaiknya dilakukan secara rutin 3x/hari, masing-masing selama 10 menit. Latihan ini efektif jika dilakukan sampai usia kehamilan 34 minggu (pada kehamilan pertama) sampai 36 minggu (kehamilan kedua dan seterusnya).

Posisi sungsang juga dapat diubah secara manual dari luar perut apabila kehamilan sudah memasuki minggu ke-34 sampai -36. Setelah 36 minggu janin menjadi lebih tidak banyak bergerak sehingga kemungkinan berhasilnya tindakan ini menjadi lebih kecil. Namun, kalau berhasil, posisi janin tidak akan berubah lagi. Cara ini (versi luar) sebaiknya dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang sudah berpengalaman. Hal ini dikarenakan memutar posisi janin dari luar dapat membahayakan nyawa janin.

Jika sampai usia 40 minggu dan janin masih berada di posisi sungsang, perkiraan cara kelahiran yang dianjurkan adalah operasi sesar. Melahirkan pervaginam atau normal dengan posisi bayi sungsang memiliki risiko yang lebih besar.


Selain itu, Ibu juga dapat melakukan senam hamil. Senam hamil dilakukan untuk memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, otot-otot dasar panggul, ligamen dan jaringan serta jaringan ikat yang berperan dalam mekanisme persalinan, melenturkan persendian-persendian yang berhubungan dengan proses persalinan, membentuk sikap tubuh yang prima sehingga dapat membantu mengatasi keluhan-keluhan, letak janin dan mengurangi sesak napas, menguasai teknik-teknik pernapasan dalam persalinan dan dapat mengatur diri pada ketenangan. Coba Ibu diskusikan dengan Bidan Ibu mengenai cara-cara senam hamil.



Demikian keterangan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.
Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar