Sukses

Perawatan Gigi

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 32 tahun.
Halo dokter... Saya memakai bracket sekitar februari 2012, gigi saya ada gisul di sebelah kanan dan kiri. Herannya, dokter gigi saya tidak mencabut gigi sama sekali, dengan alasan kalau dicabut akan merubah bentuk muka saya (hidung semakin mancung tapi bibir semakin tipis). Saya ga paham, soalnya sampai saat ini, gigi saya lambat sekali mengalami perubahan. Kira-kira dokter saya benar ga ya dok dengan tidak mencabut gigi saya? Mengingat kondisi gigi saya yang rapat sekali. Mohon penjelsannya ya dok, terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Mengenai perawatan gigi pada anda sebaiknya anda konsultasikan langsung dengan dokter gigi yang menangani anda.Disini kami coba  menjelaskan sedikit bahwa perawatan orthodontik tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Jadi tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan.

Yang tak kalah penting adalah kerjasama dan kepatuhan pasien untuk datang kontrol sesuai dengan jadwal, karena kawat orthodontik akan bekerja dengan aktivasi kawat yang dilakukan kira-kira setiap 2 minggu, dan pada saat yang sama dokter gigi dapat memantau kemajuan perawatan, dan dapat memperbaiki posisi kawat yang mungkin tidak pada tempatnya sehingga menghindari resiko terjadinya luka pada jaringan lunak seperti sariawan. Semakin jarang pasien datang untuk kontrol maka perawatan dapat menjadi semakin lama.

Lamanya perawatan bergantung pada tingkat kesulitan masing-masing kasus, dan juga keahlian operator dalam membuat rencana perawatan dan menentukan material apa yang akan digunakan.

 

Demikian informasi yang dapat kamisampaikan, semoga bermanfaat

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar