Sukses

Rambut Rontok & Ketombe

19 Oct 2014, 03:11 WIB
Pria, 22 tahun.
gan mw cari solusi nih karena waktu keramas banyak rambut yang rontok jadi ane nggak ngegosok kepala yang bener dan waktu mandi ane kayaknya nggak ngebilas shampo sampai bersih deh jadinya rambut ane banyak banget ketombenya kalo gatal biasanya sih ane nggak ane garuk soalnya kalo ngegaruk banyak juga rambut yang ngikut di jari ane trus tadi sore ane ke salon untuk pertama kalinya setelah 6 bulanan kata yang motong ane banyak banget ketombenya trus dia mau cuci nah disini nih masalahnya pas tuh pegawai nyuci rambut ane tuh banyak banget rambut yang rontok nya n pas gue liat di kaca rambut ane jadi tipis banget n kulit kepalanya sampai keliatan dia bilang sih karena ketombe udah tebel banget di kepala n gue dikasih hair tonic merk 123BIO HAIR TONIC ramuan dari cina gitu nah yang ane pengen tanyain apakah rambut ane nantinya bisa tumbuh lebat lagi nggak yah?? trus dikasih apa aja nih biar cepat lagi tebalnya soalnya udah mau lebaran kok rambut ane jadinya kayak gini
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Lapisan epidermis kulit kepala secara rutin akan berganti. Pada kebanyakan orang, pengelupasan kulit kepala atau penggantian lapisan epidermis ini tidak terlihat. Namun terdapat beberapa kondisi dimana turnover sel atau pergantian sel tidak seperti biasanya atau sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan. Hal ini mengakibatkan kulit kepala menjadi berminyak, berketombe dengan lapisan yang putih atau keabu-abuan. Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  1. Kulit kepala berminyak
  2. Hasil produk metabolik dari Malassezia furfur (sejenis jamur) atau dikenal dengan Pityrosporum ovale sebagai penyebab ketombe
  3. Kerentanan individu

Apabila memang ketombe  Anda disebabkan karena jamur maka dapat memakai produk antijamur yang mengandung Zinc pyrithione,Selenium sulfide, dan Ketoconazol. Sampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfid juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk sampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 2-5 menit, setelah itu bilas. Namun apabila ketombe  Anda menetap setelah memakai sampo tersebut maka mungkin  Anda mengalami dermatitis seboroik atau psoriasis. Sebaiknya  Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Jika rambut Anda sudah rontoh sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti :

-          banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi

-          hindari stres

-          hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut

-          rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah

-          cukup istirahat

-          stop merokok (pada yang merokok)

-          hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas

-          hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi .

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar