Sukses

Daging Tumbuh di Gigi Berlubang

20 Oct 2014, 07:47 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok, saya ingin bertanya pada masalah gigi saya. dulu saya sering sekali makan coklat dan tak pernah sikat gigi. akibat nya gigi geraham bawah kanan saya berlubang kecil. dan selalu terasa sakit apabila dipakai untuk mengunyah. saya tidak pernah ke dokter gigi pada saat itu. dan lama kelamaan gigi saya yg berlubang kecil itu menjadi keropos dan hancur pada bagian atas nya saja. sehingga gigi saya hanya setengah. selama itu saya hanya membiarkan gigi saya, sampai akhirnya dokter melakukan bor pada gigi yg tinggal setengah itu, dan terlihat sekali kalau gigi saya sudah berlubang sangat dalam. dan ketika di rontgen, gigi saya sudah ada nanah nya di ujung akar. dokter menyarankan untuk dicabut. namun sudah 8 bulan ini saya tak melakukan pencabutan karena sangat takut. akibatnya muncul daging keluar dari gigi yg berlubang itu. dan terdapat benjolan kecil berwarna putih di sisi gusi yang bermasalah tersebut. dan yang membuat saya sangat takut adalah, gigi lubang saya sudah tidak terasa sakit lagi, namun saya merasakan ada sesuatu yang sakit di bagian leher dan akhirnya menuju kepala otak saya. yang saya ingin tanyakan : benjolan apa yg ada di gusi saya itu? apakah tumor? dan perawatan apa yang baik untuk gigi saya ini? apakah bila dicabut akan menyelesaikan masalah dok? apakah rasa nyeri yang saya rasakan di bagian leher dan otak akan hilang juga? saya tunggu jawaban nya dok. terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Berdasarkan keterangan Anda, kami asumsikan daging yang menonjol tersebut adalah yang disebut pulpa polip. Pulpa polip umumnya lebih sering terjadi pada gigi susu, namun dapat terjadi juga pada gigi tetap orang dewasa. Bila lubang gigi sudah terlanjur dalam dan mencapai pulpa (rongga berisi pembuluh darah dan syaraf), terjadi infeksi dan peradangan pulpa dan dapat terjadi polip.Polip tersebut adalah reaksi pulpa secara berlebihan terhadap peradangan. Karena pulpa gigi masih vital, maka dapat berdarah dengan sentuhan ringan atau saat menyikat gigi. Dan  dapat membuat bau nafas kurang sedap karena proses pembusukan gigi tersebut. Ditambah lagi bila kebersihan mulut anda kurang baik.
 
Untuk penanganan yang tepat bagi anda sebaiknya anda diskusikan kembali dengan dokter gigi yang menangani anda karena beliau yang lebih mengerti kondisi kesehatan gigi anda dan tindakan apa saja yang diperlukan untuk menangani keluhan yang anda rasakan saat ini.
 
Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat
Salam
Tim Redaksi Klikdokter
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar