Sukses

Mata Minus

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 28 tahun.
dok, sy mau tny, sy sejak sma sampe skrg menggunakan kacamata, tp koq minus saya tdk berkurang2 malah semakin bertambah, sy skrg menggunakan kacamata dgn minus hampir -9 kanan dan -3 kiri, tdk silinder, sy mau tny dok gmn cara mengurangi minus sy selaen dengan operasi mata (sy takut operasi)..?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penderita mata minus (rabun jauh/miopia) akan merasakan penglihatan yang kabur (kurang tajam) saat melihat benda-benda jauh, namun mereka dapat melihat benda dekat dengan lebih baik. Hal tersebut terjadi karena pada mata minus, bayangan dari benda-benda yang terletak jauh akan jatuh di depan retina (tidak jatuh tepat di retina). Untuk memfokuskan bayangan agar jatuh tepat di retina, maka diperlukan penggunaan lensa minus, baik dalam bentuk kaca mata ataupun kontak lens. Mata minus yang dipaksa bekerja tanpa menggunakan bantuan kacamata/kontak lens akan memberikan keluhan rasa tidak nyaman pada mata, mata perih, pegal, dll setelah bekerja untuk waktu yang cukup lama. Untuk mencegah timbulnya keluhan-keluhan tersebut, Kami sarankan agar anda menggunakan alat bantu berupa kacamata atau kontak lens.

Penggunaan kacamata bukan bertujuan untuk menyembuhkan mata minus anda, namun bertujuan untuk membantu mengkoreksi mata anda, agar mata anda dapat melihat dengan lebih jelas dan tidak cepat lelah. Penggunaan lensa kontak kurang dianjurkan, karena perawatan lensa kontak yang kurang bersih justru dapat menimbulkan infeksi pada mata. Selain dengan kacamata, anda dapat pula mengatasi mata minus anda dengan melakukan pembedahan dengan cara melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (Lasik). Diskusikanlah dengan dokter mata anda jika anda ingin mengatasi masalah mata minus anda dengan metode LASIK.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar