Sukses

Batu Ginjal

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 27 tahun.
maaf dok satu lagi, ini mengenai masalah ibu saya waktu tahun 1992 ibu saya di oprasi pengangkatan batu ginjal, sejak tahun 2010 batu itu muncul kembali lalu di lakukan tindakan swl dan dinyatakan hilang sekarang malah timbul lagi batu sekitar 2cm di ginjal kiri tindakan apa lagi yg harus di lakukan? terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Batu Ginjal /Batu saluran kemih merupakan massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urin. Batu ini paling sering terbentuk didalam ginjal atau ureter (saluran kemih yang menghubungkan antara ginjal dengan kandung kemih). Namun dapat juga terbentuk dalam kandung kemih ataupun uretra (saluran yang menghubungkan antara kandung kemih dan alat kelamin). Batu ginjal juga dapat berulang timbul.

Batu ginjal dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur. Kebanyakan dari batu ginjal yang terbentuk keluar bersama dengan urin tanpa menimbulkan keluhan. Jika batu ginjal berukuran besar , barulah dapat menimbulkan keluhan karena tersumbatnya saluran kemih.dan bisa saja terdapat lebih dari satu.

Untuk kasus batu ginjal yang berukuran 4 mm atau kurang, pada sekitar 90% kasus batu dapat keluar dengan sendirinya melalui urin. Pasien perlu meningkatkan asupan minumnya, menjadi 2-3 liter/hari, untuk mempercepat proses pengeluaran batu tersebut. Observasi proses pengeluaran batu melalui urin dapat dilakukan selama 30 hari, untuk melihat apakah batu dapat keluar dengan sendirinya sebelum diputuskan untuk dilakukan intervensi bedah. Terkadang beberapa obat-obatan dapat diresepkan oleh dokter untuk mempercepat pengeluaran batu ginjal yang berukuran kecil. Disamping itu, dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit akibat sumbatan batu ginjal, antara lain dengan memberikan suntikan NSAID atau obat golongan opioid intravena di rumah sakit. Pemberian obat penghilang rasa sakit melalui mulut (oral) hanya efektif untuk menghilangkan rasa sakit yang tidak terlalu berat.

Namun, untuk batu yang berukuran lebih dari 6 mm perlu dilakukan intervensi lebih lanjut untuk mencegah komplikasi yang lebih berat. Tindakan-tindakan pengeluaran batu dapat dilakukan tanpa pembedahan, yaitu dengan ESWL (menggunakan getaran gelombang untuk memecahkan batu ginjal dalam tubuh), atau dengan tindakan pembedahan. Tindakan ESWL merupakan  tindakan yang tergolong aman karena bukan merupakan tindakan yang melibatkan pembedahan.


 

Kami sarankan ibu anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis urologi untuk mengetahui apa langkah penanganan yang tepat bagi ibu anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar