Sukses

Ketombe

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 22 tahun.
suami saya memiliki masalah dengan kulit kepalanya. dia bermasalah dengan ketombe yg berlebihan, ketombenya seperti kulit kepala yg mengelupas berukuran besar. dan beliaupun memiliki pori-pori yg besar sehingga mudah untuk masuk angin. lalu bagaimana solusi untuk mengatasi kedua hal tersebut?? atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Lapisan epidermis kulit kepala secara rutin akan berganti. Pada kebanyakan orang, pengelupasan kulit kepala atau penggantian lapisan epidermis ini tidak terlihat. Namun terdapat beberapa kondisi dimana turnover sel atau pergantian sel tidak seperti biasanya atau sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan. Hal ini mengakibatkan kulit kepala menjadi berminyak, berketombe dengan lapisan yang putih atau keabu-abuan. Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  1. Kulit kepala berminyak
  2. Hasil produk metabolik dari Malassezia furfur (sejenis jamur) atau dikenal dengan Pityrosporum ovale sebagai penyebab ketombe
  3. Kerentanan individu

Apabila memang ketombe  Anda disebabkan karena jamur maka dapat memakai produk antijamur yang mengandung Zinc pyrithione,Selenium sulfide, dan Ketoconazol. Sampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfid juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk sampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 2-5 menit, setelah itu bilas. Namun apabila ketombe  Anda menetap setelah memakai sampo tersebut maka mungkin  Anda mengalami dermatitis seboroik atau psoriasis. Sebaiknya  Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut. Semoga membantu.

Tidak ada hubungan antara pori-pori besar dengan "masuk angin".Istilah 'masuk angin' sendiri sampai saat ini tidak ada di dalam kamus kedokteran. Keluhan yang dikatakan sebagai 'masuk angin' tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti infeksi virus, kondisi tubuh yang overexercise, maupun dispepsia atau gangguan pencernaan. Hal tersebut tergantung dari keluhan yang suami Anda kemukakan.Mungkin saja kondisi yang suami Anda alami disebabkan karena tubuh yang kurang fit, istirahat kurang, makan tidak teratur, jarang berolahraga, dan stress. Untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan disarankan untuk makan makanan bergizi secara teratur, istirahat cukup (6-8 jam/hari), olahraga rutin (3-5x/minggu), serta hindari stress.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter




    0 Komentar

    Belum ada komentar