Sukses

Benjolan di Ketiak

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok,, Sudah satu tahun terakhir ini timbul benjolan di ketiak kiri saya. Awalnya saya tidak merasakan gejala apapun saat benjolan ini timbul, namun tiba2 sudah benjol. Dulu saya merasakan nyeri jika benjolan serta payudara kiri saya ditekan, namun 2 bulan terakhir ini saya merasakan nyeri (nyut-nyutan) di benjolan saya itu dok. Saya belum pernah melakukan tes lab, namun sudah 3 kali saya berkonsultasi dengan dokter. Dokter yang pertama mengatakan kemungkinan ini ke arah tumor atau bisa juga karena bakteri. Namun 2 dokter terakhir mengatakan ini adalah tumor yang harus di operasi. Karena di benjolan saya itu tidak ditemukan titik utama (yang umumnya muncul jika itu karena bakteri/infeksi). Apakah benar harus di operasi dok?Apakah ada terapi obat yang harus dilakukan?Perlukan saya menjalani tes lab terlebih dahulu untuk memastikan?Dan apakah beresiko jika penyakit ini belum sembuh namun saya hamil? Terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

 
Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. 
 
Kami mengerti kekhawatiran Anda terhadap keluhan yang Anda alami saat ini. Namun karena keterbatasan informasi dari yang Anda berikan, kami tidak dapat melakukan diagnosa secara komprehensif dengan baik. Karena pemeriksaan yang holistik akan mempengaruhi hasil prognosis yang ada, seperti halnya meliputi kondisi:
 
- Berapa besar ukuran benjolan tersebut?
- Apa warna benjolan tersebut?
- Pada perabaan, benjolan teraba lunak / keras?
- Apakah benjolan tampak kemerahan dan bernanah?
- Apakah benjolan dapat digerakkan atau melekat pada jaringan di bawahnya?
- Apakah terdapat benjolan di tempat lain?
- Apakah disertai keluhan lain seperti demam, lemas, berat badan turun, keringat malam, dsb?
- Apakah Anda memiliki kebiasaan menyabut bulu ketiak?
- Apakah Anda mengalami keluhan pada payudara Anda?
- Apakah dalam keluarga ada yang mengalami riwayat tumor payudara?
- dan lain sebagainya
 
Sayang sekali informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas. Namun, selain informasi yang cukup lengkap pun masih diperlukan evaluasi lebih lanjut termasuk pemeriksaan benjolan secara langsung untuk memastikan penyebabnya. Beberapa pemeriksaan penunjang seperti laboratorium darah, USG atau mammografi mungkin diperlukan sesuai indikasi.
 
Bisa saja benjolan tersebut merupakan peradangan kelenjar keringat ataupun kelenjar limfe. Bagaimanapun, yang kami kemukakan hanyalah dugaan yang masih perlu dipastikan kembali. Saran kami sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi lebih lanjut, atau dokter spesialis bedah bila benjolan teraba keras dan melekat.
 
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu.
 
Salam
 
Tim Redaksi Klikdokter
 



    0 Komentar

    Belum ada komentar