Sukses

Pengapuran Lutut

20 Oct 2014, 08:59 WIB
Wanita, 38 tahun.
Yth, Bpk/Ibu Dokter Mohon bantuan untuk menyampaikan solusi yang saat ini dialami suami saya, yang menurut hasil pemeriksaan dan rontgen mengalamai pengapuran, dikedua lutut kaki. dan setelah diberikan resep/obat, dianjurkan untuk mengikuti terapi. namun hingga saai ini belum ada perubahan yang berarti pada bagian yang terasa sakit. kira-kira menurut dokter, langkah/jalan apa yang sebaiknya kita lakukan untuk mempercepat penyembuhan penyakit pengapuran yang diderita suami saya. demikian saya sampaikan, besar harapan sayan Dokter memberikan solusi yang terbaik, demi kesembuhan suami saya. terima kasih, salam linda - bekasi timur
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan suami Anda  pada daerah lutut dan telah didiagnosis oleh dokter Anda sebagai pengapuran. Pengapuran dalam dunia medis disebut dengan Osteoartritis.

Osteoartritis adalah suatu kelainan sendi kronis (jangka lama) dimana terjadi proses pelemahan dan disintegrasi dari tulang rawan sendi yang disertai dengan pertumbuhan tulang dan tulang rawan baru pada sendi. Kelainan ini merupakan suatu proses degeneratif pada sendi yang dapat mengenai satu atau lebih sendi.

Hal ini terjadi karena bagian persendian tulang menjadi aus sehingga terjadi penumpukan zat kapur di daerah persendian. Hal ini menyebabkan kekakuan persendian dan menimbulkan rasa pegal-pegal dan nyeri.

Tatalaksana terhadap OA secara umum dapat dibedakan menjadi tatalaksanan non bedah dan bedah. Tatalaksana non bedah berupa obat-obatan, perubahan pola diet, fisioterapi, serta modifikasi aktivitas.

Perubahan pola dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan kandungan lemak dan kolesterol yang dapat meningkatkan berat badan dan memperberat OA yang terjadi. Makan makanan 4 sehat 5 sempurna secara seimbang serta perbanyak buah dan sayur.

Modifikasi aktivitas bertujuan untuk menghindarkan segala aktivitas yang memberatkan kerja sendi. Sedangkan, fisioterapi bertujuan untuk memelihara mobilitas sendi dan meningkatkan kekuatan otot. Memperkuat otot-otot di sekitar sendi dapat memberikan efek proteksi terhadap sendi yang terserang OA dengan meningkatkan penyerapan tekanan dan mengurangi beban terhadap sendi. Latihan yang dilakukan dapat berupa gerakan aerobik, namun tetap menghindari aktivitas yang memberatkan sendi. Latihan secara teratur dapat berguna dalam menurunkan berat badan yang pada akhirnya membantu perbaikan OA, mengingat obesitas merupakan salah satu faktor risiko OA.

Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang berjudul Osteoartritis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar