Sukses

Mengetahui Fungsi Ginjal

21 Nov 2014, 22:05 WIB
Pria, 47 tahun.

Dokter sy habis cek lab fungsi ginjal, hasilnya Ureum 21 mg/dL, Kreatinin 1.00 mg/dL, asam urat 8.3 mg/dL, yg saya tanyakan bagaimna dgn ginjal sy apa baik atau tidak. apa dengan cek lab ini dapat dipastikan ginjal baik atau tidak. lalu sy mau tanya klo obat ALLOPURINOL dan PURICHEMIA itu utk apa.Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan hasil laboratorium yang Anda sebutkan, kondisi ginjal Anda dalam keadaan cukup sehat, dengan nilai LFG/GFR 77,4 ml/min.

Untuk mengetahui kondisi ginjal, Anda bisa menggunakan alat bantu kalkulasi Laju filtrasi Ginjal/ GFR (applikasi di smartphone), untuk menggunakan alat kalkulasi ini terlebih dahulu anda harus mengetahui kadar Kreatinin anda. (Untuk mengetahui kadar kreatinin anda harus memeriksa diri di Laboratorium). Alat bantu kalkulasi GFR ini hanya untuk mempermudah pasien gagal ginjal kronik menentukan secara garis besar kondisi ginjal berdasarkan stadium tabel diatas sehingga bisa lebih cepat mengambil tindakan preventif. Namun akan lebih baik bila sebelumnya Anda terlebih dahulu memeriksakan diri kedokter, karena untuk mengetahui fungsi ginjal, dibutuhkan juga informasi keterangan kesehatan Anda dan juga Pemeriksaan Fisik.

GFR normal adalah jika nilai GFR berada diatas 60mL/min selama 3 bulan, ini menandakan pasien tersebut sehat dan tidak mempunyai masalah ginjal.

Alopurinol adalah obat penyakit priai (gout) yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Sedangkan purichemia adalah nama paten obat yang mengandung alopurinol.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar