Sukses

Kista

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 43 tahun.
Selamat pagi dok, Isteri saya kemarin periksa USG ke dokter kandungan, hasil USG menunjukan ada kista sekitar 3 cm. 1 tahun tahun isteri saya melahirkan melalui operasi karena ada miomnya, rahim isteri saya diangkat bersamaan dengan miomnya. Anak dan isteri saya sehat2 saja, melahirkan pada bulan Juni 2011 dan periksa USG kembali pada bulan Oktober 2011, dan pada waktu pemeriksaan tersebut tidak ditemukan apa2 dan normal2 saja, jaringan miom pada waktu diangkat sifatnya tidak ganas. Kami heran, kok pada pemeriksaan kali ini timbul kista. Kenapa ya Dok? apa yang harus kami perbuat? Apakah kista tersebut bisa hilang? Dokter tersebut menyarankan diperiksa 1 tahun lagi, menurut saya sudah sangat terlalu lama. Baiknya diperiksa berapa lama lagi? Terima kasih atas bantuannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat.


Terima kasih telah  menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Sebelum kami melanjutkan, perlu kami perjelas kista yang Anda maksudkan. Di mana letak kista yang Anda maksudkan tersebut karena meskipun yang paling sering ditemui pada wanita adalah kista indung telur (ovarium), namun kista dapat juga terjadi di rahim. Penanganan kista juga bergantung pada jenis kistanya. 

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri.


Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar