Sukses

Hipermenore

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 38 tahun.
Dear Dokter Saya sudah menikah hampir 2 tahun dan belum punya anak, setelah menikah memang berat badan saya bertambah namun sebelum nikah saya juga pernah memiliki berat badan yang sama, dan siklus menstruasi saya jadi berubah banyak, yaitu 2-3 minggu dan menstruasi sekitar 3-4 minggu dan banyak sekali, saya sudah pernah konsul ke dokter dan di usg dalam hasilnya kandungan saya normal, menurut dokter saya harus menurunkan berat badan saya, apakah dengan menstruasi selama hampir sebulan ini saya mengalami ganguan, dan apakah seumur saya ini masih bisa hamil, mohon penjelasannya, terima kasih. Vera
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu /saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

 

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari. Lamanya menstruasi berlangsung antara 2-8 hari, dengan volume darah yang keluar berkisar antara 20-60 ml per hari. Penelitian menunjukkan wanita dengan siklus mentruasi normal hanya terdapat pada 2/3 wanita dewasa, sisanya akan memiliki siklus menstruasi yang tidak normal.

Pada kasus anda menstruasi berlangsung lebih lama dari normal. Dalam dunia kedokteran hal ini dikenal dengan nama hipermenorea. Hipermenorea dapat terjadi akibat:

 
  • Gangguan pada hormon reproduksi yang mengatur siklus menstruasi

 
  • Terjadinya penebalan dinding rahim (endometrium)

 
  • Adanya kelainan pada dinding rahim seperti mioma, polip, dll

 
  • Dll.

 

 

Untuk mengetahui penyebab pasti timbulnya hipermenorea pada diri anda, Kami sarankan agar anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan dan kebidanan. Dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan ultrasonografi (USG) atau pemeriksaan kadar hormon (sesuai indikasi) untuk mencari tahu penyebab terjadinya hipermenorea anda. Pengobatan akan diberikan sesuai dengan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah gangguan hormonal, maka dokter akan memberikan terapi hormonal untuk menyeimbangkan hormon reproduksi anda. Jika penyebabnya adalah mioma atau polip, mungkin dokter akan menganjurkan dilakukannya pengangkatan mioma atau polip tersebut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar