Sukses

Vagina Kering

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok sy mau tny.Forplay sdh slalu suami lakukan,tapi Stiap kali sy dn suami brhubungan vagina saya slalu kering.Jadi utk mendapatkan kepuasan,kami gunakan pelicin yg kami beli dari apotek yang ditulis dlm bungkusnya aman digunakan.Apakah itu berpengaruh trhdp trjadinya pembuahan?Saya sdh sgt ingin hamil. Seandainya kami tdk memakai pelicin,apa yang mesti saya lakukan/konsumsi agar vagina saya bs tdk kering? Terima kasih untuk jawabannya dokter.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Saat terangsang, kelenjar-kelenjar pada vagina akan mengeluarkan sekret/cairan yang berfungsi sebagai pelumas untuk memudahkan penetrasi. Semakin Anda terangsang, jumlah cairan vagina yang keluar akan semakin banyak. Cairan ini normalnya berwarna bening, kental, agak lengket, tidak berbau, dan tidak menimbulkan keluhan.

Kekeringan pada vagina berkaitan dengan kurangnya produksi cairan vagina tersebut. Yang kemudian menjadi pertanyaan kami adalah:

"Apakah sebelum melakukan penetrasi, Anda dan suami telah melakukan cukup foreplay?" dan

"Apakah foreplay yang dilakukan sudah cukup untuk membuat Anda terangsang?"

Produksi cairan vagina umumnya berkaitan dengan rangsangan yang didapatkan oleh seorang perempuan. Kurangnya rangsangan seksual pada akhirnya dapat menyebabkan kurangnya jumlah produksi cairan vagina. Oleh sebab itu, pastikan foreplay yang dilakukan telah cukup lama untuk membuat Anda terangsang. Adapun cairan vagina akan lebih banyak lagi apabila Anda mengalami orgasme terlebih dahulu sebelum penetrasi dilakukan.

Selain itu, masih terdapat kondisi lain yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada vagina saat melakukan senggama, yaitu faktor psikologis/stres, infeksi pada kemaluan, penggunaan kondom, kontrasepsi hormonal dan obat-obatan tertentu, atau kekurangan kadar hormon estrogen (umumnya terjadi pada wanita premenopause atau dalam fase menopause).

Pada beberapa keadaan, penggunaan cairan lubrikasi berbahan dasar air yang beredar di pasaran dapat membantu Anda mengatasi kekeringan pada vagina Anda, namun apabila setelah melakukan cukup foreplay dan penghindaran faktor-faktor penyebab di atas Anda masih mengalami nyeri dan kekeringan pada vagina, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke  dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang lebih optimal. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar