Sukses

Nyeri haid

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 28 tahun.
dok apakah normal keluar darah sedikit2 pada saat haid..kenapa badan saya lemas ya dok..apalagi kalau setelah duduk lama pas berdiri pusing dan kayak mau pingsan gitu dok..apakah itu wajar pada wanita yg sedang haid sedikit2 seperti saya..krna baru bulan ini saya haid dengan kadar darah yg keluar sedikit2...
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Selama siklus haid, endometrium (otot rahim) akan menebal untuk mempersiapkan kehamilan. Setelah ovulasi (pelepasan telur), jika ovum (telur) tidak dibuahi sperma maka tidak akan terjadi kehamilan, sehingga jaringan pada uterus (rahim) yang menumpuk tidak lagi dibutuhkan dan harus dibuang. Maka kemudian timbul haid.

Selama periode haid, terjadi pelepasan hormon prostaglandin dan mediator inflamasi yang akan merangsang uterus untuk berkontraksi. Ketika terjadi kontraksi otot uterus, pembuluh darah sekitarnya akan ikut mengecil secara teratur sehingga terjadi pengurangan pasokan darah ke jaringan endometrium dan kemudian kemudian jaringan menjadi rusak dan mati. Kontraksi uterus kemudian berlanjut sehingga ikut memeras jaringan endometrium yang sudah tua dan mati keluar melalui serviks (leher rahim) menuju vagina. Kontraksi uterus dan kurangya pasokan oksigen sementara di jaringan sekitar ikut bertanggung jawab akan timbulnya nyeri atau kram perut yang dialami selama haid.  Wanita yang memiliki kadar hormon prostaglandin yang tinggi akan mengalami kontraksi uterus yang lebih kuat, sehingga selanjutnya akan merasakan sakit perut yang lebih hebat. Selain bertanggungjawab terhadap timbulnya nyeri perut, prostaglandin juga dapat bertanggunjawab terhadap keluhan muntah, diare, dan sakit kepala yang seringkali terjadi saat haid.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar