Sukses

Anak Sering BAB

01 Aug 2015, 17:38 WIB
Pria, 25 tahun.

maaf dok saya member baru saya mau tanya tentang kondisi anak saya anak saya laki sekarang 75 hari dengan berat 5,5 KG dari awal lahir anak saya sering BAB lebih dari 10 kali itu terjadi sampai umur 60 hari setelah itu saya konsultasi ke bidan terdekat mungkin karena susunya tidak cocok dan saya kasih anak saya susu yang rendah laktosa (SGM LLM) setelah saya berikan 3 hari dengan sehari 2X setelah itu anak saya tidak mau minum susu lagi dok sampai sekrang tidak mau tak susu yang sebelumnya juga tidak mau, kayaknya anak saya trauma dengan dot berhubung istri saya mulai aktif mengajar ditakutkan anak saya hanya mau minum dengan ASI ibunya saja tidak mau pakai dot kalo ditinggal ibunya ngajar. trus karena keseringan BAB di sekitar dubur anak saya merah2 apa yang harus saya lakukan dok. makasih....

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan. Definisi diare adalah BAB cair > 3 kali. Melihat dari data yang Anda berikan, dapat dipikirkan salah satu kemungkinan bahwa ada intoleransi laktosa dimana laktosa yang banyak terkandung di dalam susu (susu formula) tidak dapat dicerna sehingga menimbulkan gangguan pencernaan.

 BAB sering juga tergantung dari banyaknya asupan makanan, apabila lunak (tidak cair) namun masih di bawah 3x/hari maka tidak ada masalah. Kemudian Anda juga melihat aktivitasnya, apakah anak Anda masih aktif atau tidak. Langkah selanjutnya melihat air seninya, apakah anak Anda BAK seperti biasa atau berkurang. Yang harus diwaspadai pada anak kecil apabila terjadi diare adalah dehidrasi atau kekurangan cairan yang dapat secara objektif dilihat melalui jumlah BAK yang berkurang dalam sehari. Apabila aanak Anda lemas, aktivitasnya berkurang, dan BAK sedikit maka Anda perlu waspada.

Alangkah baiknya apabila Anda membawa anak Anda kembali berkonsultasi ke dokter spesialis anak agar dapat dievaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar