Sukses

Gatal Kelamin

20 Oct 2014, 07:14 WIB
Wanita, 47 tahun.
Assalamu Alaikum. Dokter, beberapa hari ini vagina saya terasa gatal, terutama kalau dipegang. Ternyata dibibir kanan vagina saya ada bintil, seperti bekas digigit semut. Warna kulit tidak berubah. Saya coba memberi minyak oles, sebentar hilang rasa gatalnya tapi timbul kembali. Kemudian saya rendam air hangat, banyak berkurang rasa gatalnya. Tapi bintilnya tetap ada. Kira2 bintil itu karena apa ? Bagaimana menghilangkannya ?? Oh ya....sudah lama di vagina saya ada benjolan, kata dokter cairan akibat ada yg tersumbat. Jadi saya sering rendam dengan air hangat, alhamdulillah memang mengecil. Mohon penjelasannya. Terimakasih ya Doc
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Bibir vagina yang gatal memiliki beberapa penyebab, seandainya memang Infeksi Menular Seksual disingkirkan, maka kemungkinan yang ada adalah jamur, virus, infeksi bakteri, alergi, atau perlukaan akibat kelembaban yang meningkat. Apakah memang hanya gatal dan kemerahan saja keluhannya?

Biasanya infeksi-infeksi tersebut diikuti dengan keluhan lain seperti keputihan. Seandainya memang tidak ada keputihan, maka untuk sementara ini cobalah lebih menjaga kebersihan kemaluan. Mungkin saja ini hanya sedikit gangguan akibat lembab dan kurang bersihnya kemaluan.

Saran saya adalah jaga kebersihan kemaluan dengan cara sering berganti celana dalam (terutama bila sudah terasa basah), jangan memakai celana dalam berbahan nilon, keringkan kemaluan menggunakan handuk setelah selesai BAK dan BAB, dan jika anda menggunakan pantyliner, sering-seringlah menggantinya.

Setelah buang air, pastikan arah membersihkan vagina adalah dari depan ke belakang. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kotoran atau virus yang berasal dari saluran pembuangan tidak sampai ke area vagina.

Mengenai benjolan di vagina anda,bila anda telah memeriksakan ke dokter dan dikatakan benjolan tersebut akibat sumbatan cairan maka kemungkinan benjolan tersebut adalah  Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.

 

Tetapi apa yang kami sampaikan diatas hanya sebatas dugaan dari informasi yang anda berikan saat ini.Saran kami adalah Anda  memeriksakan diri ke dokter karena dibutuhkan informasi lebih jauh mengenai ukuran, bentuk, warna, rasa nyeri, lokasi tepat dll. Kelainan kulit dan kelamin memang memerlukan pemeriksaan langsung untuk diagnosis, oleh karena itu periksakan segera ke dokter.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar