Sukses

Kutil

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 24 tahun.
malam dok...balik lagi ni saya..tapi dengan pertanyyan yang bebeda,... begini dok...suami saya memiliki kutil di kaki dekat mata kaki..nggak besar sih.tapi sudah lam dan nggak hilang2. kalo lagi diem ato nonton..pasti tangnannya ieng garuk2 itu kutil..saya kan sebell y liatnnya..trus...setelah saya perhatiin..koq ditanggannya juga jadi ada bintik2 kecil..keras,,seperti kutil juga..namun kecil sebesar biji buah naga,,,heheh apa itu penularan dari kutil yang ada di kakinya??? trus minta solusi nya ya dok.... thanks dok Salam Sehat. Rani
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kutil, benjolan kecil seperti daging yang bertekstur kasar dan berwarna seperti warna kulit ini sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Dalam istilah medis kutil disebut papilloma. Papilloma ini sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan.

Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 50 jenis kutil, yang dapat mengenai bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering di bagian tangan dan kaki. Ada kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu, ada juga yang menetap hingga lama.

Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan orang atau permukaan yang terinfeksi, misalnya lantai kamar mandi. Kutil biasanya menyebar melalui kulit yang pecah. Meski begitu, tidak semua orang yang mengalami kontak dengan HPV akan ditumbuhi kutil, tergantung pada sistem kekebalannya.

Untuk mengetahui apakah benar keluhan tersebut merupakan kutil atua bukan maka kami  menyarankan agar suami Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar