Sukses

Penularan HIV

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 22 tahun.
Dokter Yth, mohon bantuannya atas pertanyaan saya ini. saya telah melakukan hubungan intim dgn seorang wanita penghibur, saya khawatir saya terkena HIV. namun saya melakukan nya dengan menggunakan kondom. apakah dgn menggunakan kondom juga bisa terkena HIV dan apakah oral sex juga dapat menularkan HIV? terima kasih dok.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik.yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Virus ini umumnya ditemukan dalam cairan-cairan tubuh seperti darah, air mani, cairan ejakulat, atau cairan vagina orang yang terinfeksi dan akan ditransmisikan pada beberapa keadaan berikut:

  • saat melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi HIV (anal, vaginal, atau oral)
  • berbagi jarum suntik dengan seseorang yang terinfeksi HIV
  • terpajan HIV sejak dalam kandungan, saat proses kelahiran, atau saat menyusui
  • terpajan cairan tubuh lain (terutama darah) dari seseorang yang terinfeksi HIV, seperti melalui transfusi, melalui luka baik luka yang terlihat maupun tidak terlihat kasat mata
  • dari pengasuh ke bayi: melalui makanan yang telah dikunyah oleh pengasuh sebelum diberikan kepada bayi

 Penggunaan kondom merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah transmisi HIV, dengan cara menghindarkan kontak antara kulit dan cairan mani/vagina. Akan tetapi harus dipastikan terlebih dahulu apakah kondom yang digunakan masih dalam keadaan baik  atau tidak, karena cairan mani/vagina masih dapat keluar/masuk melalui bagian kondom yang bocor.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar