Sukses

Testis Mengecil

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 24 tahun.
dok kenapa salah satu testikel punya saya lama kelamaan mengecil dan sekarang malah hampir menghilang, yg saya bisa rasakan hanya bungkus testikel tersebut saja tanpa ada isinya. pertanyaan saya 1.bisakah kembali seperti normal 2.kedepannya bisakah saya mempunyai anak 3.apa yang saya harus lakukan. terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Sebelumnya mungkin perlu dikonfirmasi apakah memang benar penis dan buah zakar Anda mengecil atau hanya perasaan Anda saja? Sejak kapan hal ini disadari?Buah zakar atau lebih tepatnya testis mungkin saja mengalami atrofi atau pengecilan testis karena mengalami orkitis yaitu peradangan pada testis yang seringkali terkait infeksi dan memberikan gejala pembengkakan testis. Pada orkitis dapat terjadi kerusakan pembuluh darah pada korda spermatik (saluran yang berisi pembuluh darah, persarafan, kelenjar getah bening, saluran sperma) dan dapat menyebabkan atrofi testis (pengecilan ukuran testis dan juga kehilangan fungsinya untuk memproduksi sperma).

 

Mengenai bisa atau tidaknya mendapat keturunan bergantung jumlah sperma yang dihasilkan, apakah jumlah sperma adekuat, apakah kualitas sperma baik.Karena anda mengatakan keluhan ini hanya terjadi pada salah satu testis saja maka bisa saja testis anda satu lagi masih berfungsi normal.

Mengenai masih bisa atau tidak diobati itu tergantung hasil pemeriksaan dokter. Kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter spesialis bedah urologi. Dipastikan dulu apakah yang Anda maksudkan mengecil benar-benar kurang dari normal.  bila Anda mau dapat pula diperiksa jumlah sperma dan kualitas sperma melalui pemeriksaan analisis sperma.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar