Sukses

Bekas Jerawat

20 Oct 2014, 04:52 WIB
Wanita, 23 tahun.
Wajah saya banyak terdapat lubang bekas jerawat. kulit wajah berminyak terlebih di daerah T. Pori-pori besar dan berkomedo. 1. Perawatan seperti apa yang cocok untuk menghilangkan bekas jerawat? 2. Makanan apa yang harus saya kurangi untuk dikonsumsi? Terima kasih..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll.  Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asama retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu Prosedur Chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul.

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/ kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda dan mengetahui kondisi kulit Anda serta mendiskusikan pilihan-pilihan untuk mengatasi bekas jerawat pada wajah Anda.

Anda perlu bersabar dan sebaiknya tidak berganti-ganti dokter, serta memperhatikan pemicu-pemicu yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat agar dapat menghindarinya.

Setiap kulit wajah memiliki tipe kulit masing-masing dan perawatannya juga sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Untuk kulit berminyak, perawatan dapat meliputi:
 
  • Membersihkan wajah sesuai dengan jenis kulit Anda .
  • Membasuh wajah dengan sabun wajah yang khusus untuk kulit berminyak
  • Menggunakan produk perawatan kulit wajah untuk kulit berminyak sebaiknya yang kandungan minyaknya sedikit  dan lebih banyak kandungan airnya, untuk semua jenis produk, baik pelembab ataupun tabir surya.
  • Kurangi makan makanan yang berlemak.
  • Banyak minum air putih dan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.
  • Kurangi aktivitas yang menyebabkan terlalu banyak berkeringat.
Untuk pola makan sendiri, berikut kami rekomendasikan beberapa kandungan nutrisi utama yang dapat Anda asup untuk menjaga kulit tetap sehat, antara lain:
 
  • Vitamin A, E & C
Vitamin A, vitamin E dan vitamin C membantu kelancaran proses regenerasi sel kulit, sehingga memperkecil risiko sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.
 
  • Hindari Makanan pedas & berminyak
Walau secara fisiologis medis belum ditemukan dampak langsung dari makanan pedas & berminyak kepada dampak kulit mudah berjerawat pada kulit berminyak, para ahli kebanyakan berasumsi hubungannya terdapat makanan pedas & berminyak merupakan pencetus keringat dan berpotensi menjadikan sumbatan di pori-pori jika tidak kulit wajah tidak dijaga kebersihannya.
 
  • Hindari Makanan Berlemak & Berkalori Berlebih
Ekses lemak yang berlebih tidak hanya tertimbun di bagian tubuh umum lemak tertimbun, seperti perut, paha, lengan, dsb. Namun juga memberikan ekses volume lemak di kulit wajah.
 
  • Pola Hidup
Hindari rokok, alkohol dan begadang.
 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter




    0 Komentar

    Belum ada komentar