Sukses

BAB Hitam

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 55 tahun.
Assalamualaikum wr wb. Izinkan saya bertanya dokter. Ketika tiba-tiba bentuk dan warna BAB berobah menjadi hitam, padahal makanan yang kita makan masih normal, artinya tidak ada makanan yang menyebabkan perobahan warna BAB, seperti minum obat Norit, umpamanya, gejala penyakit apakah ini ? Saya sudah mengalaminya dua kali, yang pertama bbrp bulan lalu, saya fikir itu wajar, tapi hari ini terulang lagi. Saat ini saya tidak merasakan adanya keluhan apapun yang berarti, kecuali sedikit ngilu persendian dan dengan sedikit pergerakan akan hilang dengan sendirinya, saya rasa itu masih wajar dalam usia saya. Karena saya merasa tidak ada keluhan sakit, saya belum memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit. Terima kasih atas jawaban dan masukan tim dokter sekalian. Wassalam, H. Zulfan Hasan
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Sudah berapa lama keluhan tersebut berlangsung?apakah setiap kali BAB keluhan tersebut timbul?Perubahan bentuk seperti apa yang anda maksud?apakah ada keluhan lain yang dirasakan?

Gelap dalam pengertian Anda apakah hitam seperti warna ter? Feses berwarna hitam menandakan adanya perdarahan di saluran pencernaan. Namun apabila tidak hitam namun masih berwarna coklat gelap saja, hal tersebut dapat disebabkan karena asupan makanan atau asupan vitamin yang mengandung kadar zat besi dalam jumlah tinggi.

Pewarnaan feses berasal dari pemecahan bilirubin di dalam tubuh menjadi biliverdin di dalam usus. Warna feses normal berkisar kuning coklat sampai coklat gelap, tergantung asupan makanan. Jadi apabila feses Anda  bukan berwarna hitam dan Anda tidak memiliki keluhan apapun dari pencernaan Anda, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Apabila terdapat keluhan atau feses Anda menjadi berwarna hitam, silakan berkonsultasi langsung ke dokter.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.


    0 Komentar

    Belum ada komentar