Sukses

IUD dan Flek

19 Oct 2014, 06:48 WIB
Wanita, 32 tahun.
Selamat siang dokter2.... Ada yang ingin saya tanyakan. Saya baru 1 minggu menggunakan KB IUD. Tapi setelah berhubungan dengan suami terdapat flek kecoklatan. Apakah itu normah? atau ada masalah? Itu saja pertanyaan saya. Terima kasih :)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Flek atau bercak perdarahan dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah bercak menstruasi, perlukaan, pemakaian IUD, atau karena penyebab lainnya. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi  ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan evaluasi pemeriksaan panggul.

Memang, KB IUD memiliki beberapa efek samping, yaitu:

·         Perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, perdarahan antar mensturasi, saat haid lebih sakit

·         Sedikit nyeri dan perdarahan (spotting) terjadi segera setelah pemasangan IUD. Biasanya menghilang dalam 1 - 2 hari

·         Cairan vagina lebih banyak

·         Risiko keputihan lebih besar

Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu  1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu. Bila keluhan semakin mengganggu, Ibu/Saudari dapat mengkonsultasikan untuk mengganti jenis KB.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar