Sukses

Gairah Seksual Saat Hamil

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok,saya mau tanya ni.skr saya lg hamil 4 bln dan mulai dari awal kehamilan smpe skr saya blm prnh berhub dg suami. pada saat ingin memulai hub lg,knp saya tidak ada keinginan untuk melakukan ya dok alias tidak ada nafsu.walopun sdh melakukan foreplay lama tp tetep biasa2 aja dok...apa krn pengaruh hormon kehamilan ya dok?mohon penjelasannya..thx
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Timbulnya gairah seksual dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah psikologis, emosi dan hormonal. Beberapa ibu hamil mungkin akan mengalami penurunan gairah seksual selama hamil, namun sebagian ibu hamil lainnya mungkin tidak. Karena itu, tidak dapat dikatakan bahwa ibu hamil dengan semakin meningkatnya usia kehamilan akan mengalami peningkatan gairah seksual. Selama trimester pertama, biasanya ibu hamil akan mengalami mual, muntah, dll sehingga mengakibatkan penurunan gairah seksual. Pada trimester kedua kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami peningkatan gairah seksual karena mereka telah beradaptasi dengan kondisi tubuhnya selama hamil. Pada trimester ketiga kehamilan, ibu hamil akan kembali merasa mudah lelah dan badan sering terasa sakit, hal ini berperan pada timbulnya penurunan gairah seksual. Selama kehamilan, sebaiknya lebih berhati hati dalam melakukan hubungan seksual, karena pada beberapa keadaan hubungan seksual selama kehamilan dapat menimbulkan komplikasi yang tidak baik terhadap ibu dan janin di dalam kandungan. Ibu hamil dengan keadaan-keadaan di bawah ini sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual selama hamil, antara lain :

 
  • Terjadinya perdarahan dari vagina, tanpa diketahui penyebabnya
  • Berisiko tinggi melahirkan bayi premature
  • Pecah selaput ketuban
  • Plasenta previa, yaitu suatu keadaan dimana letak plasenta (ari-ari) ibu menutupi jalan lahir
  • Incompetent serviks, suatu kondisi dimana leher rahim melemah dan terbuka sebelum waktunya sehingga berisiko tinggi untuk terjadinya keguguran atau bayi lahir prematur.
 

Demikan informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar