Sukses

Tumbuh Kembang Anak

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 20 tahun.
Hslo dok saya mau menanyakan tentang perkembangan adik saya yang berusia 1,6 thn.Sampai saat ini dia belum bisa berjalan dan berbicara.Apakah untuk seusia ini,kondisi tersebut normal?Saya sudah mencoba ke Dr tumbuh kembang dan dia bilang adik saya terkena down syndrom. Dana untuk kesehatannya,dari bayi nafas adik saya berbunyi grok2,kami tanyakan kepada bidan di tempat dia dilahirkan katanya kurang jemur dan harus di uap.Kami sudah 3 kali lakukan uap tapi yidak berubah.Sampai beberapa minggu yang lalu adik saya kejang.Dan kami langsung bawa ke rs,Dokter bilang adik saya terkena infeksi pernafasan yang menyebabkan nafasnya berbunyi.Namun dokter tersebut hanya memberikan obat untuk kejangnya saja.Dan tidak ada tindak lanjut untuk nafasnya yang berbunyi.Kira kira apa yang harus kami lakukan? Dan untuk pencernaannya,jika BAB dia selalu menangis karena keras.pengobatan apa yang harus kami lakukan.Mohon jawabannya dok.THx
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


Untuk tumbuh kembang adik anda maka anda dapat memantau tumbuh kembangnya pada rubrik TUMBUH DAN KEMBANG ANAK yang telah kami sediakan.


Napas yang berbunyi pada bayi menunjukkan adanya cairan atau lendir pada paru-pari bayi. Paru-paru memang juga menghasilkan lendir. Bunyi muncul karena produksi lendir meningkat padahal belum bisa mengeluarkannya sendiri, karena refleks batuknya belum bekerja dengan baik. Kenapa produksi lendir meningkat? Keadaan ini biasanya dialami oleh bayi yang memiliki bakat alergi dimana produksi meningkat karena tepapar oleh alergen. Penyebab lain adalah bayi mengalami infeksi virus influenza. Namun, sebetulnya jika napas yang berbunyi tersebut tidak disertai tanda infeksi seperti demam, tidak mengganggu aktivitas bayi sehari-hari, dan tidak menganggu proses menyusui, keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan. Ibu dapat mencoba memiringkan posisi tubuh anak ke kanan untuk mengurangi bunyi yang ada.


Kesukaran buang air besar pada bayi memang memusingkan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan BAB sulit pada bayi, terutama yang mengkonsumsi susu formula yaitu konsumsi susu formula dengan kadar zat besi tinggi, susu formula dengan kandungan lemak nabati misalnya kelapa sawit, dan pembuatan susu formula terlalu pekat. Jadi perlu diperhatikan kembali jenis susu formula yang dikonsumsi dan bagaimana pembuatan dan penyajiannya.

Selain itu pola makan yang tidak seimbang, yaitu lebih banyak konsumsi lemak, karbohidrat, dan kurang makanan yang mengandung serat juga dapat menyebabkan kesulitan buang air besar.

 

untuk pengobatan keluhan-keluhan pada adik anda sebaiknya anda memeriksakan langsung adik anda dengan dokter spesialis anak.


Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar