Sukses

Gigi Molar

16 Oct 2014, 19:09 WIB
Pria, 19 tahun.
Dok, saya mau tanya. Salah satu gigi bungsu geraham saya sudah tumbuh, tapi masalahnya mahkota gigi yang keluar dari gusi hanya setengah bagian, sedangkan setengah yang lain terhalang oleh tulang, sehingga tidak memungkinkan untuk keluar. Hal ini tidak menyebabkan sakit. Pertanyaan saya, apakah gigi tersebut harus dicabut (odon)? Sebab menurut informasi yang saya peroleh, jika tidak dicabut, suatu saat bisa menyebabkan sakit, misalnya bolong, yang diakibatkan oleh sisa makanan yang menunmpuk di gigi bungsu tadi. Terimakasih atas jawabannya. Maaf sebelumnya jika bahasa yang saya pakai sedikit kacau.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Saya berasumsi bahwa yang Anda maksud dengan gigi bungsu tersebut adalah gigi molar (geraham) ketiga yang letaknya paling ujung, biasan disebut gigi M3. Gigi ini memang tumbuh paling akhir di saat semua gigi lain sudah tumbuh jadi seringkali tidak kedapatan tempat dan akibatnya gigi tumbuh di luar posisi normal atau tidak tumbuh sama sekali, istilahnya adalah gigi impaksi.

Untuk penanganan yang tepat bagi kondisi anda sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter gigi.dokter akan memeriksa kondisi gigi geligi anda dan Pemeriksaan penunjang yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan radiografik panoramik untuk melihat posisi gigi molar.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar