Sukses

Bentol Vagina

20 Mar 2015, 18:40 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok beberapa bulan ini ada bentol di sekitar vagina saya. bentuk nya kecil seperti jerawat.sedikit gatal dan mengeluarkan air. pasangan saya juga mengalami hal serupa. sekitar seminggu ada bentol di kepala dan batang penisnya. jumlahnya ada 5. dan ada bentol yang berdempetan. saya khawatir terkena sifilis atau herpes. saya sudah melakukan tes vrdl dan tpha hasilnya vrdl reaktif 1:2 dan tpha non reaktif. itu maksudnya apa ya dok? hari ini pasangan saya baru saja konsul dan dokter memfonis dia terkena herpes. saya bingung dok. apa benar ini adalah penyakit herpes? lalu jika benar apa kami msh bisa melakukan hubungan seks seperti biasa? lalu apa anak kami bisa tertular dok? mohon bantuan nya, terima kasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Daerah bibir luar vagina termasuk daerah yang memiliki kelenjar sebasea. Daerah kemaluan adalah daerah yang cukup lembab karena lokasinya dan selalu tertutup celana dalam. Maka dari itu, kelenjar sebasea ditambah daerahnya yang lembab membuat kulit daerah tersebut menjadi lebih mudah terinfeksi.

Bintil-bintil kecil di daerah vulva (sekitar vagina) dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, diantaranya:

1. kondiloma akuminata (kutil kelamin)
2. moluscum kontagiosum (infeksi virus pox)
3. herpes simplex (infeksi virus herpes)
4. scabies (infeksi oleh kutu)
5. jerawat

Bintik-bintik tersebut dapat juga berasal dari kelenjar sebasea yang sedang aktif.

Selain itu ada juga beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin

Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter karena dibutuhkan informasi lebih jauh mengenai ukuran, bentuk, warna, rasa nyeri, lokasi tepat dll. Kelainan kulit dan kelamin memang memerlukan pemeriksaan langsung untuk diagnosis, oleh karena itu periksakanlah ke dokter.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar