Sukses

Toksoplasma Pada Kehamilan

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok, saya sudah menikah 1 tahun dan istri saya sedang mengandung anak pertama kami jalan 5 bulan. Kemarin kami kedatangan kucing yang pernah kami lepas karena kami berencana menjalani kehamilan. Tapi kemarin kucing kami itu datang dalam keadaan pincang dan demam, lalu segera disuntik demam oleh Drh. Istri saya gak tega untuk melepasnya lagi, dan sekarang kucing itu dirawat di rumah, dan sudah mulai bisa berjalan tapi belum sehat benar. Tapi saya khawatir terhadap janin nya sekarang, karena kami belum sempat vaksin TORCH waktu belum hamil yang disebabkan kurang mampu mengambil vaksin. Tapi hanya pernah vaksin TT 2x sebelum menikah. Yang mau saya tanyakan, apakah boleh dalam keadaan hamil melakukan vaksin tokso? bagaimana anjuran dokter, agar janin selamat tapi kucing pun tidak harus dilepas, karena kucingnya sudah tidak mau lagi kabur meski gerbang rumah dibuka, dan terlanjur sayang juga sama kucing itu. Terimakasih jawabannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Infeksi Toksoplasma disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondii. Parasit ini biasanya menggunakan hewan kucing sebagai inang utamanya (hospes definitif) di samping hewan-hewan lain jenis mamalia dan burung  yang mungkin terinfeksi.  

Toksoplasma memiliki beberapa cara untuk masuk ke dalam tubuh Anda, yaitu :

  • Secara tidak sengaja menelan tinja kucing yang mengandung telur toxoplasma. Umumnya cara ini tidak disadari, misalnya makan dengan tangan yang telah terkontaminasi sehabis berkebun, membersihkan tempat makan kucing atau barang-barang lain yang sudah terkontaminasi
  • Mengonsumsi daging hewan yang terlah terkontaminasi dan tidak dimasak secara matang
  • Mengonsumsi air yang telah terkontaminasi

Untuk menghindari faktor risiko tertular toksoplasma, yang dapat anda lakukan adalah :

  • Hindari konsumsi daging mentah atau setengah matang
  • Cuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi
  • Hindari kontak tangan dengan tanah atau gunakan sarung tangan karet bila akan berkebun
  • Cuci tangan segera setelah berkebun atau berkontak dengan tanah
  • Jika Anda memelihara kucing, jaga kebersihannya, jangan biarkan kucing anda berkeliaran di luar rumah
  • Apabila anda merencanakan kehamilan, mintalah anggota keluarga lain untuk membantu Anda membersihkan kucing Anda termasuk memandikannya, mencuci kandang, tempat makannya, dan menggunakan sarung tangan plastik untuk membersihkan kotorannya

Pemeriksaan toksoplasma dapat dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan  TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes). Sebaiknya toksoplasma diperiksa pada kehamilan trimester pertama agar apabila terdeteksi terdapat TORCH dapat segera ditangani. TORCH dapat menyebabkan kecacatan pada janin. Tidak ada salahnya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda sebelum melakukan tes TORCH.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar