Sukses

Perkembangan Anak

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 35 tahun.
anak saya (laki2) 13 Bulan belum bisa jalan tp udh trantanan ngmongnya msh taa daa msh konsonan....... normalkah anak saya ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Pada rentang umur 12-18 bulan si kecil sudah mampu menunjukkan aktifitas:  

 
Perkembangan Motorik atau Gerak Kasar
Lanjutkan stimulasi bermain bola dan berjalan sendiri. (baca: Perkembangan & Stimulasi Anak Usia 9-12 bulan)
Menarik mainan
Bila anak sudah jalan tanpa berpegangan, berikan mainan yang bisa ditarik ketika anak berjalan. Umumnya anak senang mainan yang bersuara.
Berjalan mundur
Bila anak sudah jalan tanpa berpegangan, ajari anak cara melangkah mundur. Berikan mainan yang bisa ditarik karena anak akan mengambil langkah mundur untuk dapat memperhatikan mainan itu.
Berjalan naik dan turun tangga
Bila anak sudah bisa merangkak naik dan melangkah turun tangga, ajari anak cara jalan naik tangga sambil berpegangan pada Binding atau pegangan tangga. Tetap bersama anak ketika ia melakukan hal ini untuk pertama kalinya.
Berjalan sambil berjinjit
Tunjukkan kepada anak cara berjalan sambil berjinjit. Buat agar anak mau mengikuti ands berjinjit di sekeliling ruangan.
Menangkap dan melempar bola
Tunjukkan kepada anak cara melempar sebuah bola besar, kemudian cara menangkap bola tersebut. Bila anak bisa melempar bola ukuran besar, ajari anak melempar bola yang ukurannya lebih kecil.
 
Perkembangan Motorik atau Gerak Halus
Lanjutkan stimulasi memasukkan benda ke dalam wadah, bermain dengan mainan yang mengapung di air, menggambar, dan menyusun kubus dan mainan. (baca: Perkembangan & Stimulasi Anak Usia 9-12 bulan)
Permainan balok
Beli atau buat balok-balok kecil dari kayu dengan ukuran sekitar 2.5 cm x 2.5 cm x 2,5 cm. Ajari anak cara menyusun balok menumpuk ke atas tanpa menjatuhkannya.
Memasukkan dan mengeluarkan benda
Ajari anak cara memasukkan benda-benda ke dalam wadah seperti kotak, pot bungs, botol dan lain-lain. Tunjukkan bagaimana mengeluarkannya dari wadah. Ajak anak Bermain memasukkan dan mengeluarkan benda-benda tersebut.
Memasukkan benda yang satu ke benda lainnya
Sediakan mangkuk atau kotak plastik dari berbagai ukuran. Tunjukkan kepada anak cara meletakkan mangkuk yang ukurannya lebih kecil ke mangkuk lebih besar. Buat agar anak mau melakukannya sendiri. Pilih benda-benda yang tidak pecah.

 

 

Perkembangan Aspek Bicara dan Bahasa
Lanjutkan stimulasi berbicara, menjawab pertanyaan, dan menunjuk dan menyebutkan nama gambar-gambar. (baca: Perkembangan & Stimulasi Anak Usia 9-12 bulan)

Membuat suara.
Buat suara dari kaleng kue, kerincingan atau kayu pegangan sapu. Ajak anak membuat suara dari barang yang dipilihnya misal memukul-mukul sendok ke kaleng, menggoyang-goyang kerincingan atau memukul-mukul potongan kayu, untuk menciptakan ‘musik’.
Menyebut nama bagian tubuh
Ketika anda mengenakan pakaian anak, tunjuk dan sebutkan nama bagian tubuh anak. Usahakan agar anak mau menyebutkan kembali.
Pembicaraan
Bila anak meminta sesuatu dengan hanya menyebutkan satu kata saja misalnya susu, maka ajari anak agar ia bisa mengatakan dua kata. Puji anak bila sudah mau menirukan merangkai kata-kata dengan baik.
 
Perkembangan Aspek Sosialisasi dan Kemandirian
Lanjutkan stimulasi memberi rasa aman dan kasih sayang, mengayun, menina-bobokkan, permainan “Ciluk-ba” dan permainan “bersosialisasi” (baca: Perkembangan & Stimulasi Anak Usia 9-12 bulan).
Menirukan pekerjaan rumah tangga
Ketika anda membersihkan rumah, menyapu dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya, ajak anak untuk menirukannya. Berikan kepadanya lap pembersih debu, sapu dan lain-lain.
Melepas pakaian.
Tunjukkan kepada anak cara melepas pakaiannya. Mula-mula bantu anak dengan cara membukakan kancing bajunya, melepas sepatunya, atau menarik kaus/blus meliwati kepala anak.
Makan sendiri.
Tunjukkan kepada anak cara memegang sendok_ Biarkan anak makan sendiri dan bantu jika anak mengalami kesulitan.
Merawat boneka
Beri anak boneka plastik atau karet yang bisa dicuci. Ajari anak cara menggendong, mernberi makan, menyayangi, meninabobokkan dan memandikan boneka itu.
Pergi ke tempat-tempat umum
Seringkali bawa anak ke tempat-tempat umum seperti: kebun binatang, pusat perbelanjaan, terminal bis, museum, stasiun kereta api, lapangan terbang, taman, tempat bermain dan sebagainya. Bicarakan mengenai benda-benda yang anda lihat.
 
Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat
 
Salam
Tim Redaksi Klikdokter
 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar