Sukses

Otitis media akut (OMA) / Radang telinga tengah

12 Nov 2014, 16:29 WIB
Pria, 22 tahun.

telinga saya kena OMA,, kemudian ke THT diperiksa pakai otoskop digital tetap tdk terlihat gendang telinga, kemudian telinga saya disumbat kassa dan diberi resep obat tetes dan antibiotik untuk mengurangi radang dan kontrol 3 hari lagi.. setelah saya buka kassanya pendengaran tetap tidak pulih, kemungkinan cairan yg seharusnya keluar tersumbat kasssa kapas tadi dan kemungkinan kerak di dalam dan menyumbat lubang telinga.. bagaimana agar kerak di dalam bisa keluar ya? apakah gendang telinga saya robek, jika iya bagaimana cara mengobatinya? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rsakan, dan Kami akan mencoba memberikan penjeasan tentang kondisi yang Anda alami.

Telinga Tengah biasanya steril, meskipun terdapat mikroba di kerongkongan dan tenggorokan. Normalnya terdapat mekanisme pencegahan masuknya mikroba ke dalam telinga tengah oleh rambut-rambut halus dalam saluran tuba eustachius (saluran yang menghubungkan telinga tengah dan kerongkongan).

Otitis media akut (OMA) / radang akut telinga tengah terjadi karena faktor pertahanan tubuh itu terganggu. Sumbatan tuba merupakan penyebab utama dari otitis media. Karena fungsi tuba terganggu, pencegahan masuknya kuman kedalam telinga tengah terganggu, sehingga kuman masuk kedalam telinga tengah dan terjadi perdangan. Dikatakan juga, bahwa pencetus otitis media adalah infeksi saluran nafas atas.

OMA dibagi menjadi 5 stadium, keadaan ini berdasarkan gambaran pada gendang telinga yang diamati melalui liang telinga luar. Karena beberapa sebab seperti terlambatnya pemberian antibiotik, maka dapat terjadi robekan pada gendang telinga dan nanah keluar mengalir dari telinga tengah ke telinga luar.

Dalam masa penyembuhannya, bila tidak terjadi robekan (gendang telinga tetap utuh), maka keadaan gendang telinga perlahan akan kembali normal. Bila sudah terjadi robekan, maka kotoran akan berkurang dan akhirnya kering.

Gejala OMA pada orang dewasa, selain rasa nyeri terdapat pula gangguan pendengaran berupa rasa penuh ditelinga atau rasa kurang dengar. Sedangkan pengobataanya tergantung berdasarkan stadiumnya. Jika telah terjadi robekan dan cairan banyak keluar, pengobatannya diberikan obat cuci telinga H2O2 selama 3 - 5 hari serta diberi antibiotik yang adequat. Biasanya robekan akan menutup kembali dalam 7 - 10 hari.

Bila tidak terjadi perbaikan biasanya akan tambak adanya cairan yang mengalir di liang telinga luar melalui robekan gendang telinga. Pada kondisi ini dokter akan memberilan antibiotik tambahan hingga 3 minggu.

Untuk memastikan kondisi Anda, dibutuhkan data hasil tanya jawab dan pemeriksaan langsung Telinga Anda, untuk itu Kami sarakan Anda untuk  melakukan pemerikaan di dokter THT mengetahui masalah yang Anda hadapi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar