Sukses

Alergi

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 27 tahun.
dok.... 2 thn ne sy sering flu klo kena debu ato dingin.. sy pernah k THT, katanya alergi.. dan sy d suruh menghindari makanan berminyak, bersantan, es, trasi, pedas, dll.... saya sudah pernah nyoba melakukannya smp 1 bulan.. tp tdk ada hasilnya... di hidung seperti ada benjolan (sy liat pke cermin) sy periksa k dokter lain, katanya memang alergi... karna bentuk tulang hidung melengkung... sy sdh pke masker jg tdk ngefek... tindakan apa yg harus saya lakukan.. trims...
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Definisi
Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi, yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa  .
Rhinitis  alergi adalah kelainan pada hidung dengan gejala-gejala bersin-bersin, keluarnya cairan dari hidung, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar dengan allergen yang mekanisme ini diperantarai oleh IgE

 

Gejala Klinis
Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.  Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata.
Beberapa gejala lain yang tidak khas adalah
allergic shiner bayangan gelap di bawah mata yang disebut.
allergic salute Gerakan mengosok-gosokan hidung pada anak- anak 
allergi crease, timbulnya garis pada bagian depan hidung.


Bila benar keluhan yang anda rasakan ditimbulkan karena alergi maka hal yang terpenting adalah anda mengetahui kira-kira apa saja yang dapat memicu timbulnya alergi pada anda sehingga anda dapat menghindari hal-hal yang sekiranya dapat menimbulkan alergi.dan yang tidak kalah penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah benar anda alergi debu dan untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian infromasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar