Sukses

Rinitis Vasomotor

12 Nov 2014, 19:08 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dear Dokter, saya kadang mengalami adanya ingus yang sangat kental seperti jelly (nutrijel). berwarna bening. ingus tersebut harus di paksa keluar dengan keras. karena klo tidak di keluarkan terasa sangat menggangu di hidung dan menyebabkan rasa perih di tenggorokan. berbicara pun terasa tdk nyaman. dan kadang telinga pun terasa seperti tersumbat mungkin krn tekanan dari hidung). hal tsb terjadi kadang2, tidak menentu waktunya. yang pasti klo terjadi hal tsb harus di keluarkan. bahkan dengan sangat keras. dan saya juga merasa kalau nafas saya seperti berbau tidak sedap (halitosis). apakah itu ada kaitannya dengan ingus tsb dok? dan apakah saya menderita sinusitis? tapi saya tidak mengalami ciri2 lain dari sinusitis. seperti pusing, sakit di sekitar wajah, dll. kalau saya harus periksa, harus ke THT ya dok? dan kira2 tindakan apa yang akan dokter lakukan thdp saya? pemeriksa lanjutan apa yang kira2 haru saya jalani? mohon penjelasannya ya dok. terima kasih banyak sblmnya. salam, Tina

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Kami berasumsi bahwa apa yang Anda rasakan merupakan gejala terkait gangguan hidung yang dikenal dengan rinitis Vasomotor.

Rinitis Vasomotor merupakan keadaan yang belum diketahui pasti penyebabnya, yang didiagnosis tanpa adanya infeksi, alergi, perubahan hormonal, dan pajanan obat. Gejalanya sering dicetuskan oleh berbagai rangsangan yang tidak spesifik seperti asap/rokok, bau yang menyengat, parfum, minuman berakohol, makanan pedas, udara dingin, pemndingin dan penghangat ruangan, perubahan kelembapan, perubahan suhu luar, kelelahan, dan stress/emosi. pada keadaan normal faktor-faktor tadi tidak dorasakan sebagai gangguan oleh individu tersebut.

Kelainan ini mempunyai gejala menyerupai rintis Alergi, namun gejal ayang dominan adalah hidung tersumbat, bergantian kiri dan kanan, tergantung pada posisi penderita. Selain itu terdapat cairan/ingus yang kental maupun cair. Gejala dapatmemburuk pada pagi hari sewaktu bangun tidur oleh karena adanya perubahan suhu yang ekstrim, udara lembab, dan lain sebagainya. berdasarkan gejala yang menonjol kelainan ini dibagi dalam 3 golongan, yaitu; gejala bersin, gejala hidung meler, gejala hidung tersumbat.

Untuk mendiagnosis, perlu disingkirkan terlebih dahulu penyebab lain seperti infeksi, alergi, gangguan hormonal, dan akibat obat, kemudian dicari faktor yang mempengaruhi timbulnya gejala. Dibutuhkan juga pemeriksaan hidung dari depan, dimana akan tampak gambaran yang khas yaitu pembengkakan lapisan dalam rongga hidung. Pada rongga hidung didapatkan cairan/ingus kental, biasanya sedikit. Akan tetapi pada gologan hidng meler yang ditemukan adalah cairan/ingus encer dalam jumlah yang banyak. Pemeriksaan laboratoriumjuga dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab alergi.

Terapinya bervariasi, tergantung pada faktor penyebabdan gejala yang menonjol. Secara garis besar dibagi dalam:

  1. Menghindari faktor pencetus
  2. Mengobati gejala dengan obat-obatan.
  3. Operasi
  4. Pembedahan saraf kecil dihidug, dilakukan bila cara lain belum mampu mengatasi gangguan.

Oleh karena itu, Kami sarankan Anda ke dokter spesialis THT agar dapat langsung dilakukan pemeriksaan fisik maupun laboratorium sesuai dengan yang diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar