Sukses

Sakit Kepala Sebelah

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dokter yang terhormat, Dalam periode kurang lebih 2 bln, saya telah mengalami sakit kepala sebelah, tepatnya di atas alis kanan. Gejala ini muncul hampir setiap hari, pada saat-saat pagi menjelang siang sampai siang, tetapi kadang-kadang hilang sendiri tanpa adanya pengobatan. Semula saya mengira ini karena kebiasaan saya yang tidak sempat sarapan, tetapi setelah saya coba untuk sarapan, ternyata sakit kepala tetap timbul. Apakah yang mungkin terjadi pada saya? Terimakasih sebelumnya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Sakit kepala yang dirasakan hanya pada satu sisi kepala dikenal dengan istilah migrain. 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura.

Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Coba untuk memperhatikan makanan Anda. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine ( keju , red wine )

  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan China dan Meksiko

  3. Makanan yang mengandung Nitrat ( bologna,salami,smoked meat )

  4. Makanan yang difermentasi

  5. Alkohol ( red wine )

  6. Caffeinated ( softdrink,teh,kopi )

Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai sakit kepala yang anda rasakan selama sakit kepala tersebut tidak diikuti oleh keluhan-keluhan lain seperti mual, muntah, sakit berdenyut pada mata, gangguan penglihatan dan  sakit kepala hebat. Atasilah sakit kepala anda dengan obat penghilang rasa sakit dan beristirahat. Apabila sakit masih tidak berkurang, segera hubungi dokter anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.  

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu

Salam,

Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar