Sukses

Berhenti Merokok

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok saya ingin berkonsultasi mengenai kondisi saudara saya yang sedang berjuang untuk berhenti merokok. Karena saya cukup prihatin dengan kondisinya akhir-akhir ini dok. Saudara saya ini perempuan berusia 26 tahun, TB: 167 cm , BB: 47 KG. Dia mulai merokok sejak kelas 1 SMP. Sudah 1 minggu ini Ia sering mengeluh sakit di dada dan sesak ketika menarik nafas. Awalnya nafas berat sekali. Lalu dada hingga perut terasa panas.Kemudian sudah 2 hari ini Ia berhasil untuk berhenti merokok, rasanya panas dibagian dada pun menghilang. Namun ketika bernafas masih terasa berat, malah lebih berat dari sebelumnya. Tukak lambung pun terasa sakit, kepala sakit, badan terasa lemas dan pegal-pegal. Yang ingin saya tanyakan, apakah reaksi ini ada hubunganya dengan dengan program berhenti merokok yang sedang saudara saya jalani ini? Ataukah ini merupakan dampak dari Ia merokok selama bertahun-tahun? Apakah ini bahaya, dan apa yg sebaikanya saudara saya lakukan dok? Berkenaan dengan keinginannya untuk berhenti merokok saat ini, apakah tindakan ini tidak terlambat dok? Saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter, karena jawaban dokter akan sangat berguna bagi saya, khususnya bagi saudara saya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok.Wanita yang merokok akan mengalami efek samping yang sama seperti yang dialami oleh pria yang merekok, seperti meningkatkan risiko berbagai jenis kanker (seperti kanker paru, mulut, laring, faring, dll). Wanita yang merokok memiliki risiko 12 kali lebih tinggi untuk mengalami kanker paru di bandingkan wanita yang tidak merokok, dan mereka memiliki risiko lebih tinggi hingga 10 kali untuk mengalami berbagai kelainan paru lainnya seperti bronchitis dan emfisema. Selain itu, terdapat beberapa efek rokok lainnya yang hanya dapat terjadi pada wanita, antara lain:

  • Rokok pada wanita yang menggunakan KB hormonal meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan berbagai kelainan pembuluh darah lainnya.
  • Rokok pada wanita hamil akan meningkatkan risiko terjadinya  bayi lahir prematur, keguguran, kematian bayi, bayi lahir dengan berat lahir yang rendah, abruptio plasenta, placenta previa, dan lainnya
  • Rokok dapat menurunkan kesuburan wanita.
  • Rokok dapat meningkatkan angka kejadian terjadinya amenorea sekunder (berhentinya siklus menstruasi), menyebabkan siklus menstuasi jadi tidak teratur, mempercepat waktu timbulnya menopause sekitar 1 hingga 2 tahun lebih awal. R
  • Rokok dapat menurunkan kepadatan tulang sehingga meningkatkan risiko terjadinya osteoporosisRokok meningkatkan risiko terjadinya penyakit periodontal dan kanker mulut, menimbulkan terjadinya pewarnaan pada gigi dan mempercepat timbulnya keriput pada kulit wajah.
  • Rokok dapat meningkatkan risiko timbulnya kanker serviks (leher rahim) dan vulva.


Dari keluhan yang Anda paparkan, banyak mengindikasikan GERD (gastro esophageal reflux disease)Solusi  GERD antara lain:
  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit
  • Hindari Obesitas
  • Jangan mengkonsumsi Kopi
  • Hindari makanan pemicu gas dan asam lambung (kacang-kacangan, kol, dsb).
  • Hindari makanan pedas

Dalam dunia kedokteran, kelainan dimana terjadi peningkatan asam lambung yang berlebih hingga menimbulkan aliran balik dari lambung ke kerongkongan dikenal sebagai Gastro Esophageal Refluks Disease (GERD). Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll.

 

Namun apa yang kami sampaikan hanyalah sebuah dugaan dari keluhan yang anda sampaikan,bukan merupakan suatu diagnosa karena untuk diagnosa suatu penyakit diperlukan anamnesa menyeluruh ,pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.Oleh karena itu untuk mengetahui dengan pasti penyebab dari semua keluhan yang saudari anda rasakan maka kami sarankan saudari anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam.


Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

TIm Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar