Sukses

USG Dalam Kehamilan

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 25 tahun.
dok, berapa x idealnya USG untuk ibu hamil selama kehamilannya? apakah cara penimbangan berat badan bayi harus selalu dengan USG? apakah gejala sesak nafas yang menyebabkan badan lemas, itu biasa bagi ibu hamil? saya sedang hamil usia 25 week. terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/ Saudari Yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Jadwal pemeriksaan USG selama kehamilan

Tidak ada aturan tertentu yang mengatakan jumlah pemeriksaan USG yang harus dilakukan selama kehamilan. Pemeriksaan dilakukan apabila dicurigai terdapat kelainan atas dasar klinis. Jikalau tidak, umumnya dilakukan saat minggu ke-7 untuk konfirmasi kehamilan, mengeksklusi kehamilan di luar kandungan (ektopik) atau hamil anggur (mola), konfirmasi pusasi jantung dan pengukuran panjang ubun-ubun hingga bokong/crown-rump length(CRL) untuk penentuan usia.

Pemeriksaan kedua dilakukan saat usia kehamilan 18-20 minggu. Umumnya untuk mencari adanya kelainan kongenital, kehamilan multipel/kembar, serta usia dan pertumbuhan. Pemeriksaan selanjutnya dapat dilakukan jika dicurigai adanya kelainan. 

Banyak pusat-pusat yang saat ini melakukan pemeriksaan skrining pada usia lebih awal, yaitu sekitar minggu ke-11 hingga 14 untuk membantu menegakkan diagnosis sindrom Down.

Pemeriksaan lebih lanjut seringkali dilakukan sekitar minggu ke-32 atau lebih untuk menilai ukuran janin (memperkirakan berat janin) dan menilai pertumbuhan janin, atau untuk mengikuti kelainan yang mungkin ditemukan sebelumnya, mengetahui posisi plasenta, dan adanya pertumbuhan janin terhambat.

Total banyaknya pemeriksaan sangat bervariasi tergantung apakah pada pemeriksaan awal apakah terdeteksi kelainan tertentu yang membutuhkan tindak lanjut.

Keakuratan hasil pemeriksaan USG sangat tergantung kepada mesin USG dan operator yang melakukan pemeriksan USG. Namun demikian, dalam memperkirakan taksiran berat janin, pemeriksaan dengan menggunakan USG akan memberikan hasil yang lebih akurat jika dibandingkan pemeriksaan dengan cara perabaan. 

Untuk mengukur berat badan janin menggunakan USG, diperlukan beberapa hasil pengukuran biometri janin lain disamping lingkar kepala dan lingkar perut, antara lain panjang diameter biparietal kepala janin, dan pengukuran panjang paha janin. Namun demikian, hasil pemeriksaan lingkar perut merupakan parameter yang paling baik digunakan untuk memperkirakan berat janin.

Sebetulnya, rasa sesak napas dirasakan pada 60 – 70% ibu hamil, dan hal ini merupakan keadaan yang fisiologis atau normal. Umumnya gejala sesak napas ini mulai muncul pada triwulan pertama atau kedua. Frekuensi sesak napas meningkat pada triwulan kedua dan menjadi stabil pada triwulan ketiga.

Mekanisme sesak napas pada kehamilan yang normal ini belum jelas. Kemungkinan berhubungan dengan hiperventilasi yang diinduksi oleh progesteron, karena adanya peningkatan ventilasi melebihi tingkat yang diperlukan untuk mengatasi kebutuhan metabolik yang meningkat.

Namun, tetap perlu disingkirkan sesak napas yang disebabkan oleh gangguan pada organ tubuh, seperti jantung dan paru. Adanya kelainan ini dapat disingkirkan dengan informasi tambahan berupa adanya tanda-tanda atau gejala lain serta pemeriksaan fisik (seperti mendengarkan suara paru atau bunyi jantung).


Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar