Sukses

Oligozoospermia

20 Oct 2014, 10:35 WIB
Pria, 35 tahun.
Yth Klik Dokter. beberapa saat yang lalu, saya pernah test sperma, dan hasilnya oligozoospermia. mengeluarkan dengan cara masturbasi. namun ketika saya berusaha mengeluarkan sperma tersebut saya tidak mencapai orgasme, bahkan saya memaksakan ereksi pada penis saya (tapi bukan disfungsi, jika berhubungan dengan istri di rumah saya merasa santai dengan orgasme yang cukup nikmat). dan saat itu saya dalam kondisi capek sehabis seminar dan jantung sedang berdebar2 (cemas). apakah orgasme yang tidak maksimal, letih, dan cemas akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas sperma dalam analisa seperma? bagaimana cara mengatasinya?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

oligozoospermia dimana jumlah sperma yang dihasilkan < 20 juta / ml cairan ejakulat. Normalnya jumlah sperma berkisar antara 20 juta / ml hingga 120 juta / ml.

Berkaitan dengan pertanyaan anda, mungkin istilah yang anda maksud adalah oligozoospermia. Jumlah sperma yang dihasilkan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu:

- faktor genetik (kromosom)

- suhu tinggi

- kelainan organ reproduksi, saluran kemih dan hormon.

- kurang nutrisi dan vitamin (vitamin C, selenium, zinc, folat)

- kemoterapi, obesitas, merokok, alkohol, logam berat, dsb

- faktor psikologis: stres, panik, depresi

- faktor lingkungan: air yang tercemar

Rutinitas anda yang padat bisa jadi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi secara tidak langsung melalui efek psikologinya. Namun masih terdapat faktor lain yang juga perlu digali labih lanjut.

Yang dapat anda lakukan saat ini adalah menghindari faktor-faktor di atas dan mencukupi nutrisi dan pola hidup sehat., tetapi dalam penanganannya tetap memerlukan peran dokter spesialis andrologi. Terapi yang dipilih disesuaikan dengan penyebab, kecuali untuk faktor genetik.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar