Sukses

Nyeri Perut

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 19 tahun.
dok saya mau tanya sudah beberapa bulan belakangan ini ibu saya sering mengeluh sakit yaitu dia merasakan panas yang berlebih diperut bagian kanan saja.bahkan ketika ibu saya merasakan panas diperut sebalah kanan saya coba untuk memegangnya tertanya benar saya juga merasakan panas dibagian perut sebelah kanan ibu saya.dan sudah beberapa minggu ini ibu saya juga sering mengeluh karena ibu bisa buang air kecil sampai 7 kali hanya dalam waktu 15 menit dalam jumlah yang tidak sedikit.apakah penyakit ini ada hubungannya dok? saya mohon bantuannya dan sarannya. terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan?pada perut sebelah mana tepatnya keluhan dirasakan?kapan saja keluhan dirasa bertambah atau berkurang?apakah ada keluhan lain yang dirasakan?

Perlu dicari lebih dalam lagi adakah riwayat trauma, riwayat penyakit hati seperti hepatitis, riwayat minum alkohol, memakai jarum suntik bersama, transfusi darah, riwayat gastritis (maag), hubungan antara keluhan nyeri dan makanan, kapan saja terjadinya nyeri, sejak kapan, dan masih banyak anamnesis atau hal yang perlu diketahui sebelum dapat ditentukan kemungkinan penyebabnya.


 

Ada beberapa penyakit yang sering menyebabkan kencing:

  1. Infeksi Saluran Kencing: infeksi saluran kencing menyebabkan keluhan sering BAK, nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), bisa disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan. Infeksi saluran kencing dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kencing.
  2. Pembesaran kelenjar prostat: biasa terjadi pada pria yang sudah lanjut usianya >50 thn.
  3. Diabetes mellitus (kencing manis): ditandai dengan keluhan banyak minum, banyak makan, banyak kencing, penurunan berat badan, dan keluhan-keluhan tidak khas lainnya.
  4. Diabetes insipidus: kekurangan hormon antidiuretik atau kurangnya respon ginjal terhadap hormon antidiuretik. Kondisi ini menyebabkan jumlah air kencing yang berlebih.

Untuk lebih pastinya kami sarankan anda memeriksakan ibu anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang dirasakan oleh ibu anda.


Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar