Sukses

Perdarahan Diluar Haid

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dokter, saya mau bertanya. Saya baru menikah tanggal 30 Maret 2012 kemarin. Hari pertama haid terakhir saya tanggal 11 April 2012 sampai tanggal 16 April 2012. Pada tanggal 25 April 2012, yang menurut perhitungan adalah masa subur saya, saya mengeuarkan semacam lendir atau darah (yang saya tidak bisa memastikan apakah itu darah atau tidak) berwarna merah kecoklatan. Hal ini berlangsung selama kurang lebih satu minggu, namun keluar hanya sedikit-sedikit. Pada tanggal 27 April 2012, saya periksa ke dokter kandungan setempat, do 2 dokter yang berbeda. Dokter pertama mengatakan saya lecet pada lubang vagina, sehingga saya diberikan resep Kalnex. Karena ragu dengan diagnosanya karena saya tidak diperiksa dengan USG, saya periksa ke dokter kedua. Dokter kedua melakukan USG, namun saat itu, kandung kemih saya tidak terlalu penuh, sehingga gambaran rahim tidak begitu jelas. Hanya terlihat bahwa dinding rahim saya menebal. Dokter kedua mengatakan bahhwa saya tengah mengalami proses penempelan bakal zigot di dinding rahim, dan flek yang keluar katanya wajar. Karena girang, saya coba tes pakai test pack di rumah, tapi hasilnya negatif. Saya melakukan test pack setiap hari, sampai hari ini pun, hasilnya tetap negatif. Pertanyaan saya, apakah flek yang saya keluarkan saat itu adalah daarah haid? Mengingat saat seserang haid rahim juga mengalami penebalan. Kalau haid, yang membuat saya ragu adalah, warnanya berbeda denga darah haid saya biasanya, dan jaraknya juga terlalu dekat jika itu dikatakan haid berikutnya, atau jika masih dalam satu siklus, rasanya terlalu panjang. Atau kalau memang saya sedang hamil, seperti perkiraan dokter kedua, mengapa hasil test pack negatif terus, Dokter? Terimakasih banyak atas tanggapannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.tidak terjadi selama seminggu seperti yang anda ceritakan


Jika masih dalam batas kewajaran, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika banyak, terjadi cukup sering dan dalam waktu lama, mungkin telah terjadi perdarahan diluar siklus haid. Perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi.

Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

 

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  •  

  • Pelvic inflammatory disease

 

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

 

 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

 

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar