Sukses

Benjolan di Ketiak

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 27 tahun.
Saya mau tanya dok, Ada benjolan dibawah ketiak kanan saya, sedangkan posisinya ada didalam, jadi lebih jelasnya dbukan pas diketiknya tapi dibawahnya, dan agak didalem sehingga tidak timbul diluar jadi tidak terlihat. awalnya saya hanya meraba saja, ko ad benjolan sedangkan di sebelah kiri bawah ketiak saya tidak ad.. saya sudah ke dokter dan sudah di USG, hasilnya memang ad besarnya kurang lebih 1cm, dan tidak berhubungan ke payudaranya, tapi kata dokter tidak begitu jelas itu apa.. kalao dipegang tidak sakit , agak kenyal ato mungkin agak keras.. Sempat saya terapi buah-buahan dan sayur, seperti makan apel, anggur, brokoli, dll. dan mengecil malahan hilang.. setelah sekitar kurang 2 bulan, ada lagi atau membesar ya ukuranya sama 1 cm.. baru akhir2 ini kadang nyeri kalo orang jawa bilang rasanya "sengkrang" gtu tapi jarang sekali.. tapi memang kalo dipegang tidak sakit. yang mau saya tanyakan , benjolan itu apa ya dok? berbahayakah? dan bagaimana pengobatan atao pencegahannya? kemudian apakah benar kalo penderita maag itu tidak boleh makan segala macam buah2an. karena saya mau makan buah2an yang seperti saya sebutkan diatas.. ?? Trimakasih, dok..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter
 
Sayang sekali informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas. Namun, selain informasi yang cukup lengkap pun masih diperlukan evaluasi lebih lanjut termasuk pemeriksaan benjolan secara langsung untuk memastikan penyebabnya. Beberapa pemeriksaan penunjang seperti laboratorium darah, USG atau mammografi mungkin diperlukan sesuai indikasi.
 

Mengingat usia Anda saat ini yang masih tergolong muda, kemungkinan penyebaran kanker payudara sebagai penyebab benjolan ketiak sangat kecil. Bisa saja benjolan tersebut merupakan peradangan kelenjar keringat ataupun kelenjar limfe. Bagaimanapun, yang kami kemukakan hanyalah dugaan yang masih perlu dipastikan kembali. Untuk mengetahui secara persis apa yang terkandung di dalam benjolan tersebut haruslah terlebih dahulu dianalisa adakah penyakit dasar yang dapat menyebabkan benjolan di ketiak.

Saran kami silahkan anda berkonsultasi lagi dengan dokter secara langsung sehingga dapat mengetahui penyebab dari benjolan di ketiak anda.

Penderita sakit maag (gastritis fungsional) sebaiknya memiliki jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar