Sukses

Serangan Jantungkah?

19 Oct 2014, 22:47 WIB
Wanita, 50 tahun.
Selamat pagi dok,, Sebelumnya terima kasih atas replynya dok, adapun ibu saya mengalami gejala ini hampir setahun, namun akhir2 ini gejala ini sering kambuh, awalnya Diagnosa dokter umum adanya penyumbatan di jantung, kemudian kita periksa di dokter jantung, beliau bilang waktu itu tidak ada masalah namun disaran kan untuk kontrol kembali, karena terkendala biaya kita belum memeriksakan kembali. Gejalanya sering timbul kalo sedikit lelah, berjalan kaki , padahal pekerjaan yang dilakukan hanya pekerjaan ringan dari option yang dokter berikan , sepertinya yang lebih mendekati adalah angina, nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Tapi apakah gejala angina disertai Keringat dingin dok? apakah angina berpotensi menjadi penyakit jantung? selain tindakan medis, hal apa saja yang disarankan untuk meringankan gejala ini dok? terima kasih atas bantuannya dok...
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan keluhan Anda?

Jika Anda telah menjalani serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang terkait dengan gejala serangan jantung sesuai anjuran dokter Anda dan tidak didapatkan kelainan secara fisik terkait keluhan Anda maka masalah yang Anda alami mungkin adalah gangguan psikosomatis.

Jika memang hasil pemeriksaan jantung Anda menunjukkan hasil yang normal, maka tidak ada masalah dengan jantung Anda. Gangguan cemas memang dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Jika Anda selalu diliputi ketakutan maka apapun aktivitas yang Anda lakukan, Anda akan mengalami keluhan-keluhan yang memberatkan Anda. Anda dapat membicarakan masalah ketakutan ini juga dengan dokter Anda.

 

Bisa saja gejala angina disertai dengan keringat dingin.Angina sendiri merupakan gejala yang timbul dari penyakit jantung

 

Untuk lebih pastinya tidak ada salahnya jika anda membawa ibu anda memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung agar dapat mengetahui penyebab dari nyeri dada yang dirasakan oleh ibu anda dan mendapatkan terapi yang sekiranya diperlukan.


Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar