Sukses

Nyeri Dada

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 50 tahun.
Selamat Siang Dok,,, Saya mau bertanya dok, Ibu saya berusia 50 tahun, tinggi badan lebih kurang 155 cm dengan berat lebih kurang 72 Kg, ibu saya mengalami gejala-gejala seperti berikut: sering keluar keringat dingin, dada mengigil ( dada bagian kiri terasa sakit ), lemas seketika, gejalanya hilang timbul tidak menentu dan terkadang sebentar saja udah baikan lagi .kira2 ibu saya menderita apa ya dok? Sebelumnya kami pernah cek darah lengkap, dari hasil lab menyatakan kolesterol ibu saya waktu itu tinggi dan disarankan diet , olahraga dan konsultasi ke dokter jantung. Analisis awal di dokter jantung ibu saya di EKG, setelah itu di kasih obat dan diminta untuk USG Jantung, setelah USG kata dokter itu tidak ada masalah, irama jantungnya bagus, selang seminggu kami kontrol kembali dan dikasih obat baru, namun karna keterbatasan waktu dan biaya, pengobatan pun sementara terhenti, tak lama obat habis, gejala diatas kambuh lagi dok, mohon penjelasannya dok, ibu saya juga menderita maag dan asam urat dok ditunggu jawabanya ya dok, atas perhatian dokter, saya ucapkan terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


Sejak kapan keluhan ini ibu anda rasakan?kapan saja keluhan tersebut dirasakan timbul?apakah ada keluhan lain yang dirasakan?anda mengatakan sudah memeriksakan ibu anda ke dokter.lalu apa diagnosa dokter tersebut?

Nyeri dada bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan setelah pada pemeriksaan tidak ada masalah dengan jantung anda.

Akan tetapi Untuk mengetahui penyebab dari nyeri dada yang anda rasakan selain dari anamnesa juga diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter bila keluhan dirasa sangat mengganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar