Sukses

Tekanan Darah Rendah

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat siang, Dokter..saya sekarang sedang hamil dan usia kandungan saya 5 minggu, apakah boleh saya mengkonsumsi vitamin suplemen seperti CDR, sebagai langkah awal pemenuhan terhadap kebutuhan kalsium??? karena tekanan darah saya termasuk rendah 96/58 , jadi untuk meningkatkan tekanan darah tersebut apakah saya boleh mengkonsumsi daging kambing (sate)??? kemudian berapa tekanan darah normal bagi wanita hamil terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Pemberian suplemen ibu hamil dan susu ibu hami adalah untuk membantu kebutuhan zat-zat gizi yang diperlukan ibu dan perkembangan janin.

Pada prinsipnya adalah Anda perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Cara terbaik adalah dengan makan makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti, ubi), protein (ikan, daging, kacang-kacangan), lemak (minyak, lemak daging, santan), sayur-sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, Anda perlu juga mengkonsumsi suplemen ibu hamil. Suplemen yang diperlukan dapat diperoleh dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil.

  • Untuk trimester pertama, Anda perlu asupan asam folat yang cukup untuk perkembangan syaraf janin.
  • Untuk trimester kedua dan ketiga, Anda perlu asupan Calcium dan Ferrum (besi) yang cukup.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi suplemen makanan, biasanya dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil. Konsumsi susu hi-calcium tidak apa-apa, namun menurut kami tidak perlu lagi bila Anda sudah minum tablet multivitamin yang disediakan khusus untuk ibu hamil, karena biasanya sudah mencakup kalsium di dalamnya.

CDR bukan merupakan vitamin ibu hamil, jadi kami menyarankan Anda mengkonsumsi vitamin khusus untuk ibu hamil. Anda dapat meminta vitamin ibu hamil kepada dokter kandungan Anda.

Untuk memantau pertambahan berat badan selama kehamilan anda dapat melihat di Kalender Kehamilan

 

Sedangkan untuk makanan dan minuman, Makan sate kambing selama dibakar matang tidak akan ada masalah selama kehamilan. sebaiknya Anda harus memastikan bahwa setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh Anda dalam keadaan matang. Hal yang ditakutkan jika makan sate yang dibakar dalam arang adalah dagingnya tidak benar-benar matang dan mengandung toksoplasma yang dapat berbahaya bagi janin.

 

Sayang sekali Anda tidak memberikan data pasti mengenai berapa tekanan darah Anda sebelum dan sesudah (yang Anda katakan tensi turun). Tekanan darah normal menurut JNC VII berada pada angka < 120/80 mmHg. Tekanan darah rendah adalah tekanan darah < 90/60 mmHg dan menimbulkan gejala atau keluhan (pusing, berkunang-kunang, lemas).Tekanan darah memang dapat berubah selama kehamilan. Ini disebabkan karena adanya hormon progesteron yang bekerja dengan membuat dinding pembuluh darah menjadi lebih relaks. Kerja dari hormon ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah selama trimester pertama dan kedua. Penurunan tekanan darah ini dapat mengakibatkan Anda merasa pusing jika berdiri terlalu lama ataupun terlalu cepat berdiri. Namun jangan khawatir, tekanan darah Anda akan kembali pada keadaan sebelum kehamilan beberapa minggu sebelum bayi Anda lahir. Apabila Anda sedang hamil, penuhilah seluruh kebutuhan nutrisi sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Apabila tekanan darah Anda turun, usahakan istirahat dan jangan terlalu lelah. Semua makanan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan tidak berlebihan jumlahnya, termasuk di dalamnya adalah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar