Sukses

Sinusitis

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 25 tahun.
salam dok,,saya itha,,hendak bertanya,,1 bulan lalu saya mengalami sinusitis,,saya mengalami pilek yg lama,hingga lendir berwarna agak hijau,kepala yg terasa berat dan kencang,,saya jg sudah melakukan poto ronsen dan periksa ke dokter spes THT krn sudah periksa ke dokter umum 4 X tidak sembuh jg,,menurut dokter THT tersebut saya dianjurkan untuk citiscan untuk melihat lebih detail bagaimana penyumbatan tersebut dan langkah penanganan selanjutnya.Namun krn biaya citiscan sangat mahal maka saya tdk melakukannya dan oleh dokter diberi obat oral. dan saat ini saya sudah merasa sembuh..hny terkadang saya bersin2 dan hidung saya berair. yang ingin saya tanyakan apakah sinusitis bisa kambuh lagi,,krn tahun kmrn pun saya jg mengalami hal yg sama dan sembuh setelah oleh dokter spes pnykt dlm diberi obat oral. dan bagaimana cara penanganannya selain lewat citiscan,terkait biaya dan rasa takut saya jika dioperasi? demikian,kiranya dokter berkenan menjawab pertanyaan saya,,terima kasih sebelumnya dok..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sinusitis adalah radang selaput permukaan sinus paranasal, sesuai dengan rongga yang terkena sinusitis dibagi menjadi sinusitis maksila, sinusitis etmoid, sinusistis frontal dan sinusitis sphenoid. Bila mengenai beberapa sinus disebut sebagai multisinusitis sedangkan bila mengenai semua sinus paranasal disebut pansinusitis. Yang paling sering ditemukan adalah sinusitis maksila dan sinusitis etmoid.

Dalam perjalanannya, apabila tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.


Beberapa faktor yang dapat mencetuskan terjadinya sinusitis adalah:

  • Obstruksi mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran  konka, benda asing di hidung, polip hingga tumor di hidung

  • Rhinitis alergika, yang ditandai dengan sering bersin di pagi hari

  • Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis Anda dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

salam

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar