Sukses

Sirsak dan Kanker

20 Oct 2014, 06:44 WIB
Pria, 41 tahun.
Selamat Pagi ... Masalah yg ingin saya tanyakan sebenarnya adalah obat herbal, namun masih berkaitan dengan Kebidanan dan Kandungan. Bulan April 2012, istri saya dioperasi akibat kanker indung telur. Berdasarkan hasil PA, disarankan menjalani kemoterapi 1 kali sebulan selama 6 bulan. Pertanyaan : Di beberapa media massa dan internet, ada info bahwa ekstrak daun sirsak memiliki kasiat 10.000 kali lebih kuat dibanding obat-obat kemoterapi modern dan tidak menimbulkan efek samping. Hasil penelitian (menurut info tersebut) yang dilakukan di luar negeri (AS) disembunyikan selama bertahun-tahun demi kepentingan bisnis. Mohon tanggapannya, karena saya kwatir dengan efek samping dari kemoterapi. Demikian dan terima kasih atas penjelasan dokter.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat
terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter
 
Hingga saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa meminum rebusan daun sirsak dapat menjadi terapi pembunuh kanker.
 
Sirsak adalah buah yang mengadung antioksidan, dan vitamin C tinggi. Antioksidan tinggi itu mencegah, bukan untuk mengobati. Beda mencegah dan mengobati.
 
Di kedokteran apabila ingin menganjurkan seseorang, kita harus melakukan penelitian yang banyak. Mulai dari penelitian binatang, manusia, jangka pendek, jangka panjang.
 
Jadi untuk memberikan suatu kesimpulan, apakah suatu obat itu bermanfaat atau tidak, butuh penelitian yang panjang, mungkin suatu saat akan terbukti. Tapi untuk saat ini, kita belum tahu.khasiatnya belum terbukti secara ilmiah, masih terbatas pada pengakuan beberapa pasien
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar