Sukses

Kista Dalam Kandungan Saat Hamil

14 Sep 2015, 10:34 WIB
Pria, 24 tahun.

Asslm.., Selamat siang Saya telah menikah 2 bulan yang lalu, dan Alhamdulillah Istri saya sekarang sedang hamil untuk calon anak pertama kami. saya melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, dan kami terkejut setelah dokter menyatakan ada kista dalam kandungan istri saya... awalnya dokter tersebut mengatakan harus segera dioperasi, padahal usia kandungan baru 6 minggu. jadi bagaimana menurut dokter, apa yang harus saya lakukan dengan istri saya.. mohon pencerahannya.., berikan kepada saya pengetahuan tentang kista, penyebab, cara mengatasinya dok.. demikian yang saya tanyakan.., dan saya mohon dengan sangat dokter memberikan jawaban secepatnya dok... terima kasih wasslm...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda terhadap kondisi isteri Anda dan kehamilannya saat ini. Kista dapat terbentuk dari beberapa macam penyebab, antara lain ketidakseimbangan hormonal, keganasan, merokok, pertama kali mendapat haid pada usia sangat muda, pajanan zat kimia tertentu, stres, kurang aktivitas, nutrisi kurang, berhubungan dengan kesuburan, dan sebagainya. Perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

Apakah istri Anda rutin memeriksakan kehamilan? Di manakah lokasi kista berada? Apakah ukuran kista menetap atau bertambah besar dibandingkan dengan saat pertama kali ditemukan? Apakah isteri Anda mengalami keluhan dalam kehamilannya?

Penanganan kista dalam kehamilan bergantung pada jenis, ukuran dan gejala klinis yang ditimbulkan. Selama kista tersebut tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin serta tidak menimbulkan gejala klinis berat, seperti nyeri panggul maka tidak diperlukan tindakan apapun. Umumnya kista sederhana berukuran < 5 cm  dapat mengecil secara spontan selama kehamilan, sedangkan kista campuran memerlukan evaluasi lebih lanjut.  Jika kista yang terdapat pada rahim isteri Anda tidak membahayakan kesehatan isteri Anda dan janin yang dikandung, dokter mungkin akan mempertimbangkan penundaan tindakan pengangkatan kista hingga janin lahir.

Untuk saat ini, yang dapat isteri Anda lakukan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan calon bayi Anda untuk tumbuh dan berkembang.

Kami sarankan isteri Anda kembali kontrol ke dokter kebidanan dan kandungannya untuk pemeriksaan rutin kehamilan dan jika memiliki keluhan yang mengganggu kehamilannya. Seperti yang kami katakan sebelumnya, terapi yang sesuai sangat bergantung pada jenis, ukuran, dan gejala klinis yang ditimbulkan. Untuk pemilihan terapi kista yang tepat pada isteri Anda, Anda dapat mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter yang menangani isteri Anda, karena beliau telah melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh secara langsung sehingga mengetahui secara pasti kondisi kehamilan isteri Anda saat ini dan terapi yang paling sesuai.

Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan  yang kami miliki untuk informasi seputar kehamilan dan masalah pada organ reproduksi yang lebih lengkap. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar