Sukses

Mual Setelah Makan

19 Oct 2014, 06:32 WIB
Wanita, 30 tahun.
Selamat siang dokter, saya mau menanyakan mengenai kesehatan saya. saya sudah menikah dan sudah pakai KB 1 bulan selama kurang lebih 2tahun. kemudian 2 minggu lalu saya ganti yang 3 bulan namun setelah itu saya mendapatkan mens lagi. jadi dalam 1 bulan ini saya sudah dapat 2 mens (tgl 3 april dan 21 april). dan sudah 1 minggu dari tanggal 21 april sampai hari ini (28 april) masih belum berhenti mens nya. selain itu, sudah 1 minggu ini (dari tanggal 17 april 2012, setiap kali saya makan, saya selalu muntah. Bisakah saya diberi gambaran, sebenarnya mengapa saya selalu muntah setelah makan (meskipun hanya makan snack). Terima kasih dok atas bantuannya. regrads, Lala
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, terlebih dahulu perlu dikonfirmasi mengenai ada/tidaknya keluhan lain seperti demam, nyeri/rasa terbakar pada ulu hati, dsb selain keluhan mual dan rasa pahit pada lidah Anda. Dan pernahkah Anda mengalami keluhan yang serupa sebelumnya?

Secara definisi, muntah adalah sebuah dorongan untuk mengeluarkan isi perut melalui mulut, terkadang hidung. Muntah dapat disebabkan oleh beberapa keadaan:

- gastritis (maag)

- keracunan

- peningkatan tekanan dalam kepala, misal akibat tumor otak

- efek samping obat

- infeksi virus

- faktor psikologis, seperti bulimia

- dsb.

Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Jika Anda ingin mengganti jenis KB , pertimbangkan keuntungan, kerugian, efektivitas, efek samping maupun seberapa cepat terjadinya pengembalian kesuburan. Karena masing-masing jenis kontrasepsi memiliki keunggulan dan harus disesuaikan dengan penggunanya. Anda dapat membaca artikel kami berikut Keluarga Berencana.


 

Untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang anda rasakan saat ini sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar